CARA MEMBERSIHKAN BOTOL SUSU BAYI

botol-susu-bayi

Membersihkan botol susu (dot) bayi Anda, mungkin nampak sebagai tugas ringan yang juga sepele. Tapi, jangan sampai Anda sepelekan. Karena kebersihan dan kesterilan botol susu bayi Anda sangat penting bagi kesehatan bayi Anda sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dan Anda ingat adalah mensterilkan semua botol Anda sehingga botol siap untuk penggunaan pertama kali. Sterilisasi botol cukup mudah, dan INGAT, saat pertama kali pemakaian, botol harus Anda sterilisasikan terlebih dahulu. Jangan pernah memberikan botol baru langsung tanpa dicuci dan disterilkan kepada bayi Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang mungkin perlu Anda lakukan saat melakukan sterilisasi botol:

  1. Kumpulkan semua botol yang akan Anda sterilkan. Lepas tutup, nipple, tutup anti sedak, dan botolnya.
  2. Isi panci dengan 1/2 atau 3/4 air, lalu panaskan di atas kompor.
  3. Ambil sabun pencuci piring, larutkan dalam air hangat. Lalu sabuni semua bagian botol, gosok sampai bersih dengan menggunakan spons lembut.
  4. Gunakan sikat botol untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau dengan tangan atau jari. Lalu bilas sampai busa hilang.
  5. Setelah air mendidih, masukkan satu-persatu bagian botol ke dalam panci. Rebus kira-kira 5 menit.
  6. Angkat botol dan bagian-bagiannya. Lalu jepit dengan penjepit botol. Keringkan.

Nah, kini Anda telah memiliki botol bayi yang telah steril dan siap digunakan. Tapi, ada beberapa hal yang juga patut Anda perhatikan:

  1. Setelah botol digunakan, bilas segera dengan air dingin, atau rendam jika Anda tidak langsung mencucinya.
  2. Pastikan semua bagian botol tersentuh oleh Anda saat dicuci. Bahkan leher botol pun juga jangan lupa disikat. Karena di sana rentan dengan bakteri yang berkembang biak.
  3. Sebaiknya hindari untuk memanaskan atau menghangatkan susu dengan microwave. Rendam saja dengan air hangat atau air panas sampai susu terasa hangat dan bisa langsung diberikan pada bayi.
  4. Selalu uji susu bayi Anda pada pergelangan tangan Anda untuk memastikan tidak terlalu panas.

Namun, kadang-kadang kita suka lupa untuk langsung membilas atau merendam botol setelah digunakan. Hal ini dapat menyebabkan lapisan formula lengket dan tetap berada di bawah yang sulit untuk dihapus dengan sikat botol. Ada solusi yang sangat sederhana untuk ini. Masukkan sekitar dua sendok makan beras dalam botol. Isi dengan air sabun sekitar 1/4 atau 1/2 bagian botol. Kocok dengan penuh semangat sampai noda hilang. Pastikan untuk membilas botol dengan baik, dan botol Anda akan seperti baru lagi.

Selamat mencoba!

4 comments

  1. Alamanda says:

    thanks for the tips^^

    oiya, sekedar menambahkan. klo ndak salah pernah ada teman yg bilang. saat mensterilkan botol & dot menggunakan panci, jangan samapi dot & botol terkena bagian bawah/pinggir panci. jadi sebisa mungkin mengapung agak ke tengah….

  2. jihan jidan says:

    thanks infonya,untuk posisi botol saat direbus di usahakan seluruh permukaan botol harus terendam air. Lebih aman mana, direbus atau pakai alat steril botol listrik?

Leave a Reply