KIAT AGAR SI KECIL SUKA MAKAN BUAH

Anak-anak pada umumnya suka makan buah-buahan. Dibandingkan sayuran, buah biasanya lebih mudah untuk dikenalkan pada anak. Karena ketika MPASI pertama, mayoritas kita para ibu ini memberikan MPASI untuk bayinya dalam bentuk pure buah, jadi lidah anak-anak sudah lebih akrab dengan buah-buahan.

Tapi, ada lho, anak-anak yang tidak suka buah. Entah itu buah-buahan tertentu, atau malah hampir semua buah-buahan tidak ada yang disukai. Yang terakhir ini kasusnya jarang, tapi ada. Padahal, mengkonsumsi buah-buahan itu penting lho untuk asupan gizi anak.

Nah, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memotivasi anak kita agar bisa lebih banyak menyukai buah-buahan. Berikut ini saya rangkumkan dari hasil diskusi saya bersama dengan ibu-ibu dari komunitas Sekolah Ibu di Jogja.

  1. Buat jus atau smoothies. Anak-anak biasanya akan lebih mudah menyantap buah-buahan yang sudah dibuat minuman seperti jus atau smoothies. Terutama yang memang tidak terlalu suka makan buah gelondongan. Apalagi, kalau jus dan smoothies kan biasanya ada campuran susu dan gulanya, anak-anak cenderung lebih suka. Tinggal sedot, tanpa harus mengunyah.
  2. Buat variasi menu. Misanya sate buah celup coklat, es krim sari buah, puding buah, pai buah, dan lain-lain. Ibu memang dituntut untuk kreatif. Tenang, ada banyak resep bersliweran di internet. Tinggal cari yang mudah dan menarik untuk dibuat.
  3. Ajak anak berpartisipasi dalam mengolah buah menjadi menu baru. Tidak jarang, anak-anak menjadi lebih mudah untuk mencoba sesuatu yang baru, jika mereka ikut dilibatkan. Entah itu membantu mengupas, membantu memotong-motong buah, dan juga menusuk-nusukkan buah pada tusuk sate. Yang terpenting, awasi agar anak-anak tetap aman terkendali.
  4. Ajak untuk berbagi menu barunya dengan teman. Makan bersama teman biasanya juga menjadi cara ampuh untuk membuat si kecil mau memakan menu buah-buahannya lho.
  5. Bacakan cerita tentang manfaat buah-buahan yang diperlukan bagi tubuhnya untuk tumbuh dan berkembang.
  6. Biasakan juga pada diri sendiri untuk senantiasa menyantap buah-buahan sebagai cemilan sehat di rumah. Singkirkan makanan-makanan instan, ganti dengan buah-buahan. Sehat kan?

Selamat mencoba!

 

Gambar : http://www.newhealthadvisor.com/eating-fruits-at-night.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *