MEMBERSIHKAN TELINGA BAYI

Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang rentan terluka. Terutama jika kita terlalu dalam dan terlalu keras saat membersihkannya.  Kita yang orang dewasa saja sering kali merasa sakit bila terlalu keras mengorek telinga, apalagi bayi. Tentunya tak bisa sembarangan membersihkannya.

Membersihkan telinga bayi sebenarnya boleh dilakukan kapan saja, bahkan saat masih bayi. Tak perlu menunggunya sampai besar untuk membersihkannya. Namun meski begitu, membersihkan telinga bayi membutuhkan perhatian dan cara khusus agar tidak melukainya. Harus ekstra hati-hati karena dinding telinga bayi masih sangat sensitif, dan bila terlalu dalam dikhawatirkan dapat menyentuh atau merobek gendang telinganya.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membersihkan telinga bayi :

1. Bersihkan kotoran yang terlihat saja di sekitar daun telinga. Gunakan waslap atau handuk kecil yang lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian bersihkan bagian luar telinga bayi Anda atau bagian yang terlihat kotor saja.

2. Jangan mengorek telinga bayi dengan benda apapun kecuali dengan ijin dokter atau Anda sudah berpengalaman. Jangan juga terlalu dalam, cukup di bagian mulut lubang telinga saja.

3. Bersihkan bagian daun telinganya dengan baby oil setelah mandi, tapi jangan sampai ke bagian dalam.

4. Cuci tangan sebelum membersihkan telinga bayi, karena telinga bayi masih sangat rentan dengan infeksi. Kita harus tahu dan faham bahwa kuman dari kapas atau dari tangan kita yang tidak bersih dapat menyebabkan infeksi pada telinga bayi.

Sebagai ibu kita pasti ingin anak-anak kita terjaga dan terawat kebersihannya. Apalagi saat mereka masih belum dapat membersihkan dirinya sendiri. Tapi, kita pun tak boleh memaksakan untuk harus semuanya bersih sampai tidak ada yang terlihat. Karena banyak dari kita yang belum mengetahui perbedaan antara telinga anak dengan telinga orang dewasa. Daripada kita salah melangkah, lebih baik kita menahan diri dan mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.

Misalnya, saat Anda mencium bau tidak sedap dari telinga si kecil, jangan buru-buru mengoreknya. Segera konsultasikan ke dokter, agar dokter yang melakukannya untuk Anda. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena ketidakhati-hatian hingga bagian telinganya terluka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *