MEMILIH MAINAN SESUAI DENGAN USIA ANAK

Memilih mainan untuk si kecil sebenarnya mudah. Tapi, jangan sampai kita memilih mainan yang asal bagus tapi tidak memiliki unsur edukasi di dalamnya. Karena mainan yang baik adalah mainan yang juga dapat membantu mencerdaskan anak, bukan hanya soal hiburan. Nah, yuk kita pilih mainan untuk si kecil sesuai dengan tahapan usianya!

USIA 1 TAHUN

Pada usia 1 tahun, si kecil sudah mulai dapat berjalan tanpa bantuan. Ia senang bereksplorasi dan mencoba menapakkan kakinya kemana saja sesuai dengan keinginannya. Tak jarang, ia akan mencoba melangkah mundur, meski masih sering oleng dan terjatuh. Saat berjalan pun, si kecil sudah dapat membawa benda pada kedua tangannya, atau menarik benda sambil berjalan.

Di usia ini, ketertarikan si kecil terhadap benda bergerak dan berbunyi sangatlah besar. Jangan heran bila ia senang berlama-lama memperhatikan mainannya yang dapat berputar dan mengeluarkan suara. Si kecil juga sudah mulai bisa memindahkan satu benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain, atau memindahkannya ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi.

Mainan yang disarankan : mainan bertombol yang dapat mengeluarkan bunyi, donat susun warna-warni, stacking cups, balok susun dari kain/plastik.

USIA 2 TAHUN

Masa ini adalah masa-masa paling enerjik untuk seorang anak. Jangan heran bila anak Anda suka berlarian kesana kemari dan seolah tak kenal lelah. Ia mulai suka memanjat-manjat, berjinjit, melompat, dan menendang sesuatu.

Kemampuan berbahasanya pun berkembang pesat. Ia sudah banyak mengucapkan kata-kata dengan jelas, mengungkapkan keinginan sederhana, bahkan ia mampu mengikuti apa yang Anda katakan. Umumnya, di usia ini kita banyak mengajarinya belajar sambil bernyanyi. Kita juga bisa mengajaknya membaca buku cerita bergambar, dan ia akan sangat senang membolak-balik bukunya. Jangan lupa, dengan kecerdasannya ini, Anda juga sudah bisa mengajarinya menghafal Al-Qur’an lho, Bunda.

Dan pada usia ini juga, si kecil mulai suka memegang spidol atau pensil. Selalu sediakan spidol atau pensil yang anti toksin ya, Bunda, agar lebih aman bila si kecil memasukkan (mengemut) spidol atau pewarnanya ke dalam mulut. Dan tidak perlu merasa malu, jika dinding rumah Anda penuh dengan “grafiti” hasil karya si kecil. Berbanggalah, karena si kecil Anda sangat cerdas!

Mainan yang disarankan : buku bacaan dengan kertas yang tebal agar tidak mudah robek, bola plastik besar, bola bowling plastik, mainan bongkar pasang, dll.

USIA 3 TAHUN

Usia 3 tahun, si kecil suka sekali menirukan sesuatu. Mereka sudah lancar berbicara dalam kalimat panjang dan mulai dapat mengekspresikan emosinya. Hampir sama dengan usia 2 tahun, anak di usia ini juga sangat aktif dan tak kenal lelah. Tak perlu kuatir rumah Anda nampak berantakan karena mainannya yang berserakan, namun selalu hindari benda-benda berbahaya agar tidak terselip atau terinjak olehnya.

Si kecil yang peniru ini juga senang mengamati Anda saat beraktivitas. Misalnya, bila sang ayah suka mengutak-atik peralatan elektronik, jangan heran bila si kecil pun bisa duduk manis di sampingnya sambil banyak bertanya tentang ini itu pada ayahnya. Atau bila Anda sedang memasak dan memotong bahan, ia akan sangat senang bila Anda mengijinkannya “membantu” Anda.

Untuk kemampuan motoriknya sendiri, si kecil nan aktif ini akan sangat suka berputar-putar, berlarian, memanjat, dan melompat. Ajaklah sesekali si kecil ke taman bermain yang banyak sarana permainannya. Jangan lupa untuk mengawasinya ya…

Mainan yang disarankan : mainan bongkar pasang, bola yang lebih kecil untuk mainan lempar tangkap, papan tulis kecil bermagnet, mainan masak-masakan, truk pengangkut pasir dengan sekop, dsb.

USIA 4 TAHUN

Pada usia ini, umumnya si kecil sudah mulai masuk sekolah. Pola pikirnya pun semakin imajinatif dan strategis. Mereka sangat suka permainan-permainan bertema, atau permainan imajinasi. Anak-anak perempuan di usia ini biasanya mulai menyukai boneka-boneka cantik dengan segala macam asesori, atau permainan rumah-rumahan. Sedangkan anak laki-laki akan sangat menyukai mainan mobil-mobilan yang bisa diatur dan dimainkan di area balap, atau menggunakan remote control.

Anak usia 4 tahun sangat senang bercerita dengan versinya sendiri. Namun, selalu arahkan agar imajinasinya tersebut selalu berada dalam koridor yang benar ya, Bunda.

Mainan yang disarankan : boneka dan asesori, alat kedokteran mainan, alat transportasi, kereta api dengan rel, mobil-mobilan dengan seluncur, puzzle.

USIA 5 TAHUN

Si kecil sudah mulai mengenal rutinitas belajar. Kemampuan seninya meningkat, ia mulai dapat mengkombinasikan warna-warna dengan baik, mewujudkan imajinasinya dalam sebuah gambar. Dari sisi kemampuan berbahasa, ia sudah dapat mengemukakan alasan-alasan, atau menceritakan pengalaman yang ia temui. Koordinasi anggota tubuhnya pun semakin baik. Ia dapat menyeimbangkan badannya dengan berjalan di papan titian, berdiri dengan satu kaki, dan berpijak dengan sempurna saat melompat.

Usia 5 tahun juga sangat menyukai angka dan huruf. Tak heran bila ia sangat suka dengan permainan angka dan sangat suka membaca apa yang ada di sekelilingnya. Selalu sediakan buku-buku bacaan dan fasilitasi kemampuan kognitifnya agar selalu terasah.

Mainan yang disarankan : jam kayu/plastik mainan, papan tulis dengan spidol, puzzle, lego, buku bacaan bergambar, sepeda mini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *