Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

SKALA PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA BAYI

Jika beberapa waktu lalu saya telah sedikit menuliskan tentang skala perkembangan bayi usia 0-12 bulan secara umum, maka kali ini kita akan mengulas skala perkembangan kemampuan sosialisasi pada bayi usia 0 sampai dengan 12 bulan.

Kemampuan sosialisasi ini adalah kemampuan yang dimiliki oleh bayi Anda dalam hubungannya dengan Anda dan lingkungan sekitarnya. Bagaimana ia mengenali orang lain, mengungkapkan rasa, memahami bahasa dan isyarat Anda, dsb.

Usia 0 – 2 bulan

  • Pada usia ini, umumnya bayi masih belum dapat membedakan apapun. Karena di usia ini, kemampuan melihat dan mendengarnya masih belum terlalu sempurna. Bayi lebih sering menghabiskan waktunya dengan tidur dan menyusu.

Usia 2 – 3 bulan

  • Pada usia ini, bayi Anda sudah mulai dapat membedakan antara benda mati dengan benda hidup (bergerak). Ia sangat senang bila berada di dekat Anda atau orang lain.

Usia 4 – 5 bulan

  • Si kecil Anda mulai bereaksi dengan berbagai suara dan mimik muka. Ia mulai dapat tersenyum, dan selalu ingin digendong oleh siapapun yang berada di dekatnya.

Usia 6 – 7 bulan

Di usia ini, pada umumnya si kecil Anda pun mulai dapat memperlihatkan perhatian pada bayi atau anak lain, ia senang meraba, melihat, meraih. Keterikatan antara bayi dengan ibu pun mulai terlihat menguat. Tak jarang anak-anak menunjukkan rasa takut jika didekati oleh orang asing.

Usia 8 – 9 bulan

Bayi Anda mulai dapat menirukan isyarat, gerakan sederhana, menunjukkan emosi, juga berkata-kata tak teratur mengikuti kata-kata yang sering ia dengar. Pada fase ini pula, biasanya bayi juga mulai “mengetes” Anda, yakni memperhatikan reaksi Anda bila ia melakukan sesuatu. Misalnya, Anda akan berteriak bila ia mulai mendekati kabel listrik atau perangkat komputer, ia akan memperhatikan reaksi Anda saat ia hendak mendekati benda tersebut.

Usia 10 – 12 bulan

Memasuki tahun pertamanya, si kecil Anda mulai belajar menyelidiki orang-orang di sekitarnya, juga pada bayi lain. Tak jarang ia senang menarik-narik baju dan rambut anak lain, atau menirukan suara Anda dan suara orang lain, dsb. Si kecil juga mulai dapat memilih orang-orang yang disukainya atau yang ditakutinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *