WARNA FESES PADA BAYI

Terkejut saat melihat perubahan warna feses pada bayi Anda?

Ya, sebagian besar ibu, terutama ibu muda, mengenali bahwa warna normal feses atau tinja pada bayinya adalah warna kuning. Maka ketika suatu saat warna feses bayi berubah, para ibu kebingungan, bahkan panik. Patut kita ketahui, warna feses ternyata tak hanya kuning. Terkadang feses bisa berwarna hijau, hitam, merah, atau putih keabu-abuan. Dan dari warna feses ini kita bisa mendeteksi apakah sistem pencernaan bayi kita normal atau mengalami gangguan.

Kuning

Warna kuning dapat diindikasikan sebagai feses normal pada bayi. Jika bayi mendapatkan ASI secara eksklusif, biasanya warnanya kuning cerah. Nmaun bila bayi mendapatkan campuran susu formula, warnanya akan sedikit lebih keruh atau kecoklatan. Bayi yang menyusu ASI eksklusif juga memiliki kecenderungan bau fesesnya tidak tajam.

Hitam

Terkadang, ketika bayi baru lahir, bayi akan mengeluarkan kotoran yang berwarna kehitaman. Ini disebut mekonium atau feses pertama bayi. Tapi, jangan khawatir, ini normal. Kolostrum pada ASI Anda akan membantu menormalkan warnanya.

Hijau

Bila Anda menjumpai warna feses bayi Anda hijau atau hijau kecoklatan, maka jangan terlalu panik dulu. Warna hijau pada feses masih bisa dikatakan normal, meski tentu saja ini tak boleh terus menerus terjadi. Hal ini bisa diindikasikan bahwa cara pemberian ASI belum tepat. Yakni yang terhisap oleh bayi hanya foremilk (ASI depan) saja. Selain itu, terkadang warna hijau muncul setelah bayi mulai diberikan makan makanan padat.

Merah

Muncul bercak merah pada bayi bisa disebabkan karena ada darah, baik itu darah yang berasal dari bayi, maupun dari ibunya. Terkadang ada darah ibu yang sampai terhisap oleh bayi saat proses persalinan. Jadi ketika bayi mengeluarkan feses, akan bisa dijumpai bercak hitam selama 1-2 hari. Tapi jika darah tetap muncul, apalagi bila bayi juga terlihat tidak nyaman, maka bisa jadi ada gangguan di tubuhnya. Kemungkinan karena alergi atau adanya penyumbatan pada usus. Dan bila yang demikian terjadi, sebaiknya langsung bawa bayi ke dokter ahli untuk segera ditangani.

Putih keabuan

Feses bisa berwarna putih juga lho. Dan bila muncul feses warna ini, maka ibu harus waspada. Mengapa? Karena warna putih menunjukkan gangguan yang disebabkan adanya gangguan hati atau penyumbatan saluran empedu pada bayi. Warna kuning pada feses itu disebabkan adanya cairan empedu. Jika warnanya putih, berarti empedu tidak bisa mewarnai feses. Maka ibu harus segera membawa bayinya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *