BUKU : KONSEP DASAR PAUD

Saya “menemukan” buku ini di sela-sela plesir saya di Toga Mas, toko buku favorit keluarga saya. Kebetulan, saya memang sedang mencari banyak referensi tentang pendidikan anak, khususnya pendidikan anak usia dini.

Buku KONSEP DASAR PAUD karya Suyadi, M. Pd.I dan Maulidya Ulfah, M. Pd.I ini patut dibaca oleh orangtua, praktisi pendidikan anak usia dini, bahkan mahasiswa. Berikut sinopsisnya :

Banyak yang keliru dalam memahami PAUD. Selama ini PAUD hanya dianggap sebagai tempat bermain anak-anak sehingga ibu-ibu pengangguran yang hanya tamatan SMA atau sederajat pun bias menjadi guru di lembaga PAUD. Kekeliruan ini berimplikasi secara luas terhadap tumbuh-kembang anak.

Ketika lembaga PAUD tidak mampu menstimulasi secara edukasi terhadap perkembangan anak secara sempurna, gagallah lembaga PAUD tersebut karena hakikat dari tujuan PAUD adalah memberikan stimulasi edukatif terhadap tumbuh-kembang anak secara holistik.

Namun dengan adanya buku ini, semua orang akan mengetahui bahwa untuk memberikan stimulus edukatif terhadap tumbuh-kembang anak perlu melibatkan psikolog, ahli gizi, dokter anak, selain guru PAUD itu sendiri.

Isi buku KONSEP DASAR PAUD :

  1. Hakikat PAUD dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
  2. Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak USia Dini
  3. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
  4. Konsep Dasar dan Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak di Lembaga PAUD
  6. Kualifikasi Profesional Guru PAUD
  7. Isu-isu Kritis dan Problematis PAUD Kontemporer
  8. Penutup

Dalam buku ini penulis menyebutkan juga tentang persyaratan menjadi guru PAUD. Selain harus cinta anak-anak, seorang guru PAUD haruslah orang yang memiliki keilmuan di bidang pendidikan dan perkembangan anak. Sementara kebanyakan, yang terjadi di negeri kita adalah pengelola PAUD, khususnya guru PAUD justru dari kalangan yang sebenarnya bisa dikatakan tidak kompeten di bidang ini.

Meski saya pribadi cenderung tidak mempermasalahkan ijazah atau gelar, dalam artian, menurut saya pribadi, menjadi guru PAUD tidak perlu ijazah atau gelar sebagai sarjana, namun minimal, seorang guru PAUD harus memiliki keilmuan tentang ini. Banyak guru PAUD yang tidak memiliki gelar kesarjanaan di bidang PAUD, namun mereka memiliki kompetensi di bidang ini, selain cinta terhadap anak-anak tentunya. Banyak pula sarjana pendidikan, yang memiliki gelar dan ijazah, namun ternyata tidak kompeten dalam mengajar PAUD. Dan ironisnya, lebih banyak lagi guru PAUD yang tidak hanya tidak memiliki gelar, tapi juga tidak kompeten menjadi seorang guru PAUD.

Judul buku : KONSEP DASAR PAUD

Penulis : SUYADI, M. Pd.I dan MAULIDYA ULFAH, M. Pd. I

Penerbit : ROSDA

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *