BUKU : MENDIDIK ANAK BERSAMA NABI

Suatu pagi di hari libur, saya dan suami menyempatkan pergi ke sebuah toko buku Muslim langganan kami di sekitaran kampus UGM. Rencananya, kami hendak berburu buku-buku terjemahan tentang pendidikan anak Islam sebagai referensi kami pribadi. Sambil tetap mengawasi Alifa yang juga asyik bersama majalah anak yang dipegangnya, kami memilah dan memilih beberapa buku.

Salah satu buku yang kami pilih adalah sebuah buku tebal dengan hard cover yang saat kami baca, judulnya cukup memikat hati : Mendidik Anak Bersama Nabi, Panduan Lengkap Pendidikan Anak Disertai Teladan Kehidupan Para Salaf. Tampilan luar, cukup eye catching. Ada enam bab utama dan satu bab penutup dalam buku ini. Dan setiap bab memiliki sub bab yang merincikan poin-poin penting mengenai isi buku.

Apa saja isi buku ini?

  • Bab 1 : Pengantar Umum Untuk Orangtua. Pada bab ini terdapat 17 sub bab yang di antaranya adalah tentang tanggungjawab pendidikan, seputar pemilihan wanita untuk dijadikan istri, sifat pendidik yang berhasil, pernikahan dan tujuannya, penciptaan dan perkembangan janin, anak sebagai anugrah sekaligus ujian bagi orangtua, sanksi bagi orangtua yang tidak bertanggungjawab, hingga terapi kemandulan ala Nabi.
  • Bab 2 : Dari Lahir Hingga Usia 2 Tahun. Ada 9 sub bab yang di antaranya adalah tentang doa-doa saat melahirkan, kewajiban dan sunnah-sunnah saat menyambut kelahiran bayi, proses penyusuan, serta hak masing-masing ibu dan ayah.
  • Bab 3 : Pembinaan Kepribadian dari 2 Tahun Hingga Baligh.¬†Terdapat 10 sub bab tentang pembinaan anak mulai dari aqidah, ibadah, akhlak, jasmani, intelektual, seksual, kesehatan, dan lain sebagainya.
  • Bab 4 : Berbakti Kepada Kedua Orangtua. Dalam bab ini dibahas mengenai pahala berbakti pada orangtua, larangan mematuhi orangtua dalam kemaksiatan, bangga akan nasab, durhaka pada orangtua adalah dosa besar, dan lain sebagainya.
  • Bab 5 : Tips Mendidik Anak Ala Nabi. Terdapat bahasan tentang metode yang harus dipegang oleh orangtua dan pendidik, serta metode pemikiran dan kejiwaan yang berpengaruh terhadap mental anak.
  • Bab 6 : Memberi “Pelajaran” Pada Anak. Dalam bab ini dibahas mengenai dasar-dasar pengajaran, pemberian pelajaran sebagai sebuah keharusan, meluruskan kesalahan anak, serta bertahap dalam memberikan pelajaran.

Buku yang tebalnya sekitar 600 halaman ini adalah cetakan edisi kedua, dimana dalam cetakan ini terdapat rombakan besar-besaran dari edisi pertamanya. Mulai dari tampilan luar, alih bahasa yang semakin disempurnakan, editing, serta penambahan ornamen-ornamen di dalamnya. Tak seperti halnya buku terjemahan lain, buku ini menambahkan kutipan-kutipan yang diambil dari bahasan buku maupun dari buku lain.

Judul buku : Mendidik Anak Bersama Nabi – Manhaj At-Tarbiyyah An-Nabawiyyah lit-Thifl

Penulis : Muhammad Suwaid

Penerjemah : Salafuddin Abu Sayyid

Penerbit : Pustaka Arafah

Harga : IDR 125.000 (Berdasarkan harga yang terdapat di toko tempat buku ini saya beli)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *