SERI BUKU ANAK : SEJARAH 25 NABI & RASUL

Mencari buku kisah Nabi dan Rasul yang cocok dan shahih untuk anak usia pra sekolah ternyata gampang-gampang susah lho. Di pasaran, banyak dan mudah sebenarnya menjumpai buku cerita nabi-nabi. Tapi, selama ini saya belum menemukan buku kisah nabi yang pas untuk anak seusia Alifa.

Pertama, saya mencari buku cerita nabi yang bahasanya “ramah” untuk anak pra sekolah. Saya berpandangan bahwa untuk anak di usia 6 tahun ke bawah itu belum terlalu faham tentang dalil. Apalagi balita. Tujuan saya membelikan dan membacakan buku adalah agar anak saya faham dulu jalan ceritanya, bukan sekedar dalil. Bukan hanya sekedar hafal setiap kata dan ayat, tapi ngerti betul yang dia baca dan dia dengar itu sebenarnya apa.

Dan buku yang bahasanya “ramah” anak usia pra sekolah ini saya yang belum nemu. Mayoritas, bahasanya lebih cocok untuk anak usia SMP-SMA. Bahkan mahasiswa! Saya faham, penulis berusaha untuk menyampaikan kisah dari sumber-sumber yang syar’i. Agar cerita yang shahih lah yang tersampaikan. Tapi, pikir saya, menyampaikan cerita shahih bukan berarti tidak bisa menggunakan bahasa anak-anak. Makanya kebanyakan saya merombak ulang bahasa redaksi dari buku-buku kisah nabi yang saya bacakan untuk Alifa.

Sejarah 25 Nabi & Rasul - Box Set
Sejarah 25 Nabi & Rasul – Box Set

Kedua, dari segi keshahihan isi ceritanya. Pernah nemu buku kisah nabi yang bahasanya sebenarnya pas banget buat balita. Tapi, ternyata isi ceritanya nggak shahih. Penerbitnya adalah salah satu penerbit buku besar yang diduga kuat sebagai pentolan syi’ah. Waduhhh…Untuk bacaan anak-anak ini, saya memang harus lebih selektif lagi. Nggak boleh mengulang “kesalahan” dua kali. Nggak jadi beli deh.

Sampai kemudian suatu hari saya menemukan sepaket buku kisah nabi dan rasul di Sarana Hidayah, toko buku langganan kami. Judulnya, Sejarah 25 Nabi dan Rasul Disertai Kisah-kisah Para Nabi Lainnya. Dari tampilannya, saya langsung oke. Full color! In syaa Allah anak-anak seneng bacanya juga.

Langsung deh saya minta ijin buka segel salah satu bukunya. Dan….hmmm…bahasanya bagus juga. Meski belum sesederhana yang saya harapkan, tapi, bahasa penulisnya cukup bisa difahami anak-anak usia SD-lah, in syaa Allah. Buat yang pra sekolah, lagi-lagi ibu dan ayah masih harus menyederhanakannya kembali.

Sejarah 25 Nabi & Rasul - Bagian Isi
Sejarah 25 Nabi & Rasul – Bagian Isi

Penggambaran dalam buku cerita ini juga tidak asal, para nabi dan rasul tidak diwujudkan dalam gambar manusia utuh. Makhluk hidup pun juga tidak ada matanya. Saya jadi lebih mudah menjelaskan ke Alifa mengapa ia tidak boleh menggambar makhluk hidup dengan mata.

Di dalam buku ini juga disarikan poin-poin penting tentang isi cerita. Jadi mempermudah orangtua untuk menjelaskan pada anak tentang inti cerita itu pada anak-anak.

Nah, bagi para orangtua yang juga sedang mencari rekomendasi buku bacaan anak tentang kisah nabi dan rasul, buku ini sangat saya rekomendasikan.

Judul Buku : Sejarah 25 Nabi dan Rasul Disertai Kisah-kisah Para Nabi Lainnya

Penulis : Nizar Sa’ad Jabal, Lc, Mpd dan Aiman Umar Abdul Aziz

Penerbit : Perisai Quran Kids

Seri : 5 buku lengkap + box

Harga di toko buku : IDR 400.000 (belum termasuk diskon, tergantung kebijakan toko buku)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *