Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

PENGALAMAN PERTAMA MENYUSUI BAGI IBU BARU

Seperti halnya hamil dan melahirkan, menyusui adalah kodrat seorang wanita. Naluri seorang ibu yang memiliki bayi. Tapi, bagi kebanyakan ibu muda yang baru pertama kali melahirkan dan memiliki bayi, tentu belum banyak pengetahuan mereka tentang menyusui. Mereka sering kali kebingungan, merasa canggung, tidak nyaman, bahkan sampai frustrasi jika tidak dapat memberikan ASI yang terbaik bagi bayi mereka. 

Ada 4 aspek utama yang paling banyak ditanyakan dan dikeluhkan oleh para ibu baru :

1. Posisi menyusui yang benar. Salah posisi saat menyusui bayi, bukan hanya membuat bayi tidak nyaman dan tersiksa. Tapi, juga membuat payudara terasa nyeri dan sakit. Untuk itulah para ibu baru harus belajar mengetahui posisi-posisi yang benar saat menyusui bayi mereka.

2. Payudara nyeri dan infeksi. Rasa nyeri biasanya memang dialami oleh para ibu baru saat pertama kali menyusui bayinya. Ini normal, dan jangan kuatir. Karena setelah 3 atau 4 hari, Anda akan mulai terbiasa. Tapi, jika rasa nyeri itu berlanjut terus sampai membuat Anda demam dan seperti flu, segera periksakan, karena itu bisa menunjukkan adanya infeksi payudara.

3. Bayi kebingungan mencari puting. Namanya juga baru pertama kali, tentulah semua serba membingungkan, termasuk bayi Anda sendiri. Kadang-kadang mereka susah menerima puting Anda dan terus saja menangis. Anda jangan putus asa dan langsung memberikannya susu botol. Tiga hari pertama masa menyusui Anda, ASI Anda memiliki kandungan kolostrum yang sangat dibutuhkan oleh bayi Anda. Jangan takut. Setelah 3-4 hari, bayi Anda juga akan terbiasa dan tidak kebingungan lagi, insya Allah.

4. Memakai breastpump. Kesulitan menyusui pertama kali, biasanya membuat para ibu menggunakan breastpum/pompa payudara untuk mengeluarkan ASInya. Hal ini tidak mengapa. Tapi, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu, dan sebisa mungkin, gunakan breastpump baru untuk diri Anda sendiri.

Sebisa mungkin, lakukanlah perawatan payudara dan perbaikan gizi Anda di masa hamil. Anda bisa menanyakannya pada dokter, bidan, atau konsultan laktasi yang ada di rumah sakit. Mereka biasanya akan memberikan banyak tips untuk Anda agar Anda dapat melakukan perawatan payudara sendiri di rumah, dan makan makanan bergizi yang dapat membuat ASI Anda berkualitas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *