TIPS MEMUASKAN CUSTOMER ONLINE SHOP

Jualan online sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan berjualan offline di toko atau di lapak-lapak. Letak perbedaannya biasanya lebih kepada cara menjaring customer, proses transaksi, dan proses pengantaran/pengiriman barangnya.

Untuk menjaring customer, situs jejaring sosial dan website periklanan menjadi pilihan penjual untuk menebar promosi sekaligus berinteraksi langsung dengan calon customer. Kemudian, proses transaksi pembayaran dilakukan dengan cara transfer melalui bank, atau untuk area tertentu terkadang online shop memberikan layanan antar atau COD (cash on delivery – bayar ketika barang diterima). Dan terakhir, pengantaran barang biasanya menggunakan jasa kurir ekspedisi atau kurir pribadi sampai barang diterima oleh pelanggan.

Bagi konsumen, belanja online sebenarnya gampang-gampang susah. Susahnya, konsumen tidak bisa melihat barang langsung, hanya berdasarkan foto yang dipasang oleh penjual dan deskripsi singkat mengenai produk tersebut.  Tak jarang konsumen merasa kecewa atau bahkan merasa tertipu karena barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi. Karena itu, sangat penting bagi setiap pedagang online untuk berlaku JUJUR dan detail dalam memberikan deskripsi produk jualannya.

Berikut ini adalah tips untuk memuaskan customer online shop :

  • Berikan gambaran yang jelas tentang produk, termasuk kelebihan dan kekurangan barang tersebut.
  • Ketika memajang foto produk, jelaskan jika ada efek pencahayaan yang mungkin dapat membuat barang aslinya sedikit berbeda warnanya.
  • Berikan respon yang baik dan sopan setiap pertanyaan pelanggan. Namun, jangan juga merasa ragu untuk mengingatkan pelanggan jika ada yang belum faham aturan main, seperti jika ada yang telpon/SMS larut malam sementara kita hanya bisa melayani pada jam kerja.
  • Jangan terlalu memaksakan jika ternyata pelanggan belum atau tidak jadi membeli. Terlalu memaksakan biasanya membuat pelanggan merasa dikejar-kejar dan tidak nyaman.
  • Saat memacking barang, pastikan barang yang akan dikirim sesuai pesanan dan tidak cacat. Pastikan pula packing-nya rapi dan rapat di dalam amplop khusus untuk menghindari kerusakan dalam proses pengiriman. Jika perlu, untuk barang yang lebih besar dan banyak, gunakan kardus dan kemudian lapisi dengan kertas khusus untuk pengiriman paket. Jangan hanya sekedar plastik tipis dan diberi selotip saja. Karena banyak pelanggan merasa puas ketika barang pesanannya dikirim dengan rapi, aman, dan privacy terjaga.
  • Berikan beberapa pilihan jasa kurir/ekspedisi, karena di beberapa tempat pelayanan berbeda-beda dan tak jarang pelanggan akan memilih biaya pengiriman yang paling murah.
  • Jangan lupa untuk selalu memberikan konfirmasi bahwa barang telah dikirim dengan mencantumkan nomor resi pengiriman.

Kepuasan pelanggan adalah kunci larisnya dagangan kita. Ketika pelanggan tahu bahwa mereka dilayani dengan baik, mereka tidak akan ragu lagi membeli dagangan kita di kemudian hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *