AGAR TANGAN CANTIK DAN SEHAT

Kedua tangan kita adalah “partner” hidup yang paling berjasa dalam melakukan banyak hal. Mulai dari pekerjaan paling enak yang kita lakukan, sampai pekerjaan paling tidak enak. Memasak, mencuci, menyetrika, menyapu, mengepel, memotong rumput, menulis, mengetik SMS, melayani suami, menyuapi anak, mengulek sambal, merias wajah, membersihkan diri di kamar mandi, dsb. Intinya, hampir semua pekerjaan yang kita lakukan, tangan selalu membantu kita.

Pernah atau sering mengalami tangan menjadi kasar dan pecah-pecah? Atau tangan sering kali kesemutan? Atau tangan kapalan? Whoaa…harus segera dirawat itu! Jangan sampai kita tidak pede berjabat tangan dengan orang lain karena tangan kapalan, atau jangan sampai pasangan kita mengeluhkan tangan kita yang kasar saat sedang berdua saja. 

Nah, apa saja tips agar tangan tetap sehat dan cantik?

  • Oleskan lotion yang mengandung SPF sedang agar kulit tangan tidak mudah kering. Lakukan 2-3 kali sehari untuk menjaga kelembaban dan kelembutan tangan. 
  • Lakukan manicure sederhana di rumah, yaitu dengan membuat campuran gula, minyak zaitun, dan essens vanila dan dipijatkan dengan lembut ke jari-jari dan kuku. Setelah itu, rendam jari-jari dengan air hangat, lalu bersihkan kuku ke arah belakang dengan handuk untuk mengatasi kutikula yang mengganggu.
  • Seminggu sekali, rendamlah kuku dengan air jeruk lemon selama 5-10 menit. Setelah itu oleskan dengan minyak zaitun atau baby oil. Boleh juga merendam kuku dengan minyak argan yang kandungan vitamin E-nya sangat tinggi.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan cairan pembersih tangan instan, kecuali bila terpaksa sekali. Bersihkan saja dengan air dan sabun, meski tidak instan, tetapi bakteri lebih mudah mati dan tidak menyebabkan kekebalan bakteri.
  • Olahragakan tangan setelah cukup lama bekerja. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi kesemutan yang sering melanda.
  • Atasi kapalan dengan mengoleskan lemon dan madu sebelum tidur, dan biarkan semalam. Atau bisa juga dengan menggunakan jus kentang yang dioleskan dan didiamkan sekitar 1-2 jam.

Sederhana dan mudah, bukan? Selamat mencoba ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *