CARA MENGATASI RAMBUT BERUBAN

Masih muda kok ubanan?

Rambut beruban alias rambut putih biasanya muncul sebagai tanda penuaan. Umumnya muncul di atas usia 30 tahun, dan muncul lebih cepat pada sebagian besar pria. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa rambut uban ini dapat muncul lebih awal.

Bagaimana bisa uban muncul lebih awal? 

Yah, pertanyaan itu juga yang sering saya tanyakan pada suami saya. Karena memang suami saya pun mengalami masalah yang sama, yaitu munculnya uban di usia muda. Dalam kasus suami saya, uban itu muncul saat beliau mengerjakan skripsi dan mulai aktif di kegiatan programming. Dan berdasarkan apa yang saya baca dan saya ketahui, rupanya ada faktor lain selain proses penuaan yang dapat menyebabkan munculnya uban.

  • Faktor genetik. Jika orangtua atau kakek nenek kita mengalami munculnya uban di usia awal dua puluhan, maka itu tidak menutup kemungkinan bahwa kita pun menuruni gen tersebut. Faktor ini juga yang menjadi penyebab lain dalam kasus ubanan dini pada suami saya. Karena memang dalam keluarga beliau para pria umumnya mulai ubanan sebelum berusia 30 tahun. 
  • Faktor stress & malnutrisi. Seseorang yang mengalami stress dalam jangka waktu yang lama,  atau sering dilanda kecemasan hampir sepanjang waktu, maka rambut putih akan muncul secara bertahap. Malnutrisi, khawatir, syok, kesedihan mendalam, ketegangan dan kondisi serupa lainnya dapat memperlambat produksi melanin sehingga rambut akan kehilangan warna. Namun, penelitian akhir-akhir ini mengemukakan bahwa belum pasti juga bahwa stress dapat menyebabkan uban muncul lebih awal.

Namun, apapun penyebabnya, tentu uban yang muncul di awal akan sangat mengganggu bagi sebagian besar orang. Dan dalam Islam sendiri, ada anjuran untuk mewarnai rambut yang beruban untuk menyelisihi Ahli Kitab.

Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

إِنَّ الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى لاَ يَصْبِغُوْنَ, فَخَالِفُوْهُمْ

“Sesungguhnya Yahudi dan Nasrani tidak mewarnai (uban-uban mereka), maka selisihilah mereka.” (HR. Al-Bukhari No. 3275, 5559 dan Muslim No. 2103)

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi rambut beruban :

  1. Menggunakan henna atau pacar rambut dari India. Banyak apotik atau salon kecantikan yang menyediakan pacar rambut ini. Dan meski memang pemakaiannya cukup ribet, tapi henna panyak direkomendasikan karena hasilnya cukup bagus untuk mewarnai rambut. 
  2. Makan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, zinc, zat besi, dan protein
  3. Menggunakan minyak kemiri dan urang-aring
  4. Menggunakan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis yang dibalurkan ke rambut dan didiamkan 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin.
  5. Keramas dengan daun rambutan muda yang diremas-remas, kemudian dipijat dan diamkan selama 1-2 jam, setelah itu dibilas hingga bersih.
  6. Keramas dengan air perasan daun bunga sepatu yang dicampurkan dengan air jeruk nipis, rutin setiap 2 kali seminggu.

Semoga bermanfaat!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *