MENGENAL RAGAM KOSMETIKA

Selama ini orang beranggapan bahwa kosmetik itu hanyalah kebutuhan wanita saja. Padahal, disadari atau tidak, kosmetik adalah kebutuhan kita semua, baik itu pria maupun wanita, bayi hingga dewasa. Bahkan sejak dulu, sejak berabad-abad yang lalu, manusia telah menggunakan kosmetika untuk merawat dan merias diri. Seperti misalnya, penggunaan ramuan pengawet mayat dan salep aromatik dalam kebudayaan Mesir Kuno, penggunaan madu dan susu untuk kecantikan para Ratu di Mesir Kuno dan Jazirah Arab, penggunaan Ginseng untuk kosmetik di kerajaan China dan Korea, dan lain sebagainya. Jadi, hampir bisa dipastikan kosmetik telah ada sejak jaman dahulu, dan kita pun setiap hari menggunakan kosmetik untuk perawatan diri.

Sebenarnya, apa itu kosmetik?

Kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin bagian luar), gigi, dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampakan, melindungi, supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan, tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit. (Peraturan Menkes RI No. 445/Menkes/Permenkes/1988).

Pembagian Kosmetik :

1. Dari kegunaannya, kosmetik terbagi menjadi beberapa jenis :

  • Kosmetik untuk bayi : bedak bayi, sabun bayi, dll
  • Kosmetik untuk mandi dan kebersihan mulut
  • Kosmetik rambut dan kuku
  • Make up dan parfum
  • Kosmetik perawatan kulit
  • Kosmetik pelindung : sunscreen, foundation, dll

2. Dari bahan dan cara pembuatannya :

  • ┬áKosmetik tradisional, yaitu yang diramu dengan bahan-bahan alami dan pengolahannya pun secara alami.
  • Kosmetik semi tradisional, yaitu dibuat dari bahan alami dengan proses modern sehingga umumnya menjadi lebih tahan lama.
  • Kosmetik modern, yaitu kosmetik yang diramu dari bahan kimia seluruhnya dan diolah secara modern.

Kita harus selalu selektif dalam memilih kosmetik. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming iklan atau harga murah atau harga mahal saja. Namun, kenali jenis kulit Anda dan selalu perhatikan komposisi dari setiap produk yang kita pilih. Sebab, dalam bisnis, tidak semua orang bisa berlaku jujur. Banyak sekali produsen atau pedagang “nakal” yang hanya mementingkan keuntungan berlimpah, namun membahayakan konsumennya. Yagn terpenting, kita pun harus lebih cerdas dari produsen dan pedagang. Minimal, pengamanan pertama, pilihlah kosmetik yang sudah memiliki nomor BPOM dan teregistrasi di website resmi BPOM.

Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *