ASYIK DAN SERUNYA MAIN GELEMBUNG (RESEP GIANT BUBBLE)

Bermain gelembung memang mengasyikkan! Tidak hanya untuk anak-anak saja, tak jarang orang dewasa pun bersenang-senang dengan main gelembung. Di rumah, suami saya sedang keranjingan bermain gelembung. Awalnya sih, karena ingin menyenangkan Fafa, putri sulung kami yang juga hobi main gelembung.

Kami membeli berbagai macam cairan gelembung. Mulai dari yang murahan harga 1000 Rupiah, sampai yang berlabel SNI harga 14.000 Rupiah sebotol kecil isi 100 ml. Hahah, saya tertawa saat melihat Fafa dan sepupunya mengambil botol bubble ber-SNI itu dari rak sebuah minimarket. Ada juga ya gelembung ber-SNI. Padahal, setelah dicoba…amboiii…cuma sedikit gelembungnya. Menang di package aja nih, pikir saya.

Fafa kebetulan punya pistol gelembung. Dia senang sekali setiap kali pistol ditembakkan dan gelembung bermunculan. Sayangnya, menurut suami saya itu tidak banyak untuk alat pistol gelembung itu. Harusnya bisa lebih banyak, katanya. Dan, mulailah suami saya tercinta itu meramu formula bubblenya sendiri.

cairan bubble yang sudah jadi
cairan bubble yang sudah jadi

Selama 3 hari, suami saya berkasak-kusuk di dapur saya. Mencoba berbagai resep yang ia dapatkan dari internet. Termasuk menghabiskan stok sabun pencuci piring, sabun mandi cair, dan shampo. Huadeeeehhh…Tapi, saya menghargainya. Ia adalah seorang ayah yang sangat ingin membahagiakan putrinya, maa syaa Allah. Baarakallahu fiihi.

Akhirnya, formula itu pun jadi. Dan…memang hasil gelembungnya banyaaak sekali. Fafa senang, suami saya senang, saya ikut senang karena Fafa bisa asyik mainan gelembung di saat saya harus berkutat dengan adiknya yang masih bayi mungil ini…Hehehe.

Nah, suatu ketika, kami mengadakan acara playdate bareng dengan beberapa teman. Salah satu sahabat saya, mba Siska, mengusulkan bermain Giant Bubble. Eeeewww…ternyata beliau juga penasaran dengan si bubble itu. Sepakatlah kami, dan saya ikut kebagian meramu bubble. Saya pun meminta bantuan suami untuk membuatkan ramuan baru lagi, untuk bubble yang lebih besar. Daaannn…dengan senang hati suami saya pun membuatkannya lagi. Sekaligus alat untuk bermain bubblenya, yang dibuat dari besi X banner saya. Hiks!

Nah, buat teman-teman yang ingin tahu resep membuat bubble, bisa ikuti cara ini.

Ramuan A

  • 3 cup air
  • 1 cup air gula (dibuat dari 1 cup air -dilebihkan sedikit- dan 1 cup gula pasir yang direbus sampai tersisa 1 cup)
  • 1 cup sabun cair (kami pakai deedee)
  • 1/2 cup air perasan daun bunga sepatu (ini boleh diskip kalo ngga ada)

Semua bahan di atas dicampur menjadi satu sambil diaduk agar gulanya larut. Ramuan ini cocok untuk gelembung yang dimainkan dengan pistol gelembung (hasilnya jadi buanyak sekali) atau peniup gelembung berukuran kecil. Ramuan ini lebih cocok untuk anak-anak karena bahan sabunnya aman alias tidak bikin panas kulit bagi yang kulitnya sensitif.

Ramuan B

  • 1 cup sabun krim/colek (kami pakai sabun krim Ekonomi warna kuning)
  • 1 cup air gula (caranya sama dengan air gula di ramuan A)
  • 5 cup air
Fafa bermain giant bubble
Fafa bermain giant bubble

Semua bahan ini dicampur menjadi satu dan diaduk. Setelah itu diamkan semalaman agar muncul endapan. Saring dan gunakan airnya saja. Ramuan yang kedua ini cocok untuk membuat giant bubble. Alatnya, bisa pakai kawat (kami pakai sisa kawat kabel telepon) yang dirangkai dengan batang besi X banner. Sebaiknya yang main orangtua, terutama kalau anaknya bertipe kulit sensitif.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *