HUKUM KENTUT DARI KEMALUAN

refleksi

Bagaimana hukumnya angin yang keluar dari kemaluan (vagina) seorang wanita? Apakah angin tersebut membatalkan wudhu dan sholat?

Keluarnya angin dari kemaluan wanita atau sering disebut dengan kentut dari “depan”, biasanya terjadi pada wanita yang sudah bersuami dan pernah melahirkan.

Dari segi medis, kentut dari vagina sering disebut dengan flatus vaginalis atau vaginal flatulence. Tapi, angin yang keluar dari vagina ini berbeda dengan kentut pada umumnya. Kentut dari vagina ini tidak bau, dan jika kentut tersebut disertai bau seperti bau busuknya kentut dari anus, maka ini adalah kondisi yang sangat serius.

Kondisi kentut dari vagina ini sebenarnya jarang sekali terjadi jika tidak dalam keadaan sedang atau setelah berhubungan seksual. Kalaupun angin keluar dari vagina, biasanya dalam keadaan sedang merentangkan paha, posisi sujud yang salah, dsb.

Apakah kentut ini membatalkan wudhu dan sholat?

Dan karena sifat angin ini berbeda dengan kentut yang keluar dari anus, maka Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin menjawab,

“Yang demikian ini tidak membatalkan wudhu, karena angin tersebut tidak keluar dari tempat najis seperti angin yang keluar dari dubur,”. (Fatawa wa rasail Syaikh ibn Utsaimin (4/197)).

Wallahu a’lam.

48 comments

  1. dewi says:

    “Yang demikian ini tidak membatalkan wudhu, karena angin tersebut tidak keluar dari TEMPAT NAJIS seperti angin yang keluar dari dubur,”. (Fatawa wa rasail Syaikh ibn Utsaimin (4/197)).

    Maaf, memangnya vagina itu bukan TEMPAT NAJIS yah?
    jd bole gag klo misua menyenangkan istrinya di tempat itu dgn “maaf” mulutnya… maaf lho ini..

    mohon pncerahan via emailq ya..

  2. GadisMelayu says:

    Bagaimana pula kalau angin yang keluar nie dari vagina seorang gadis ya? Rata-rata mengatakan wanita yang sudah beranak atau melahirkan saja yang mengeluarkan angin melalui daerah situ..

    Tapi ada juga rakan2 yang masih gadis dan belum berkahwin turut mengeluarkan bunyi di daerah situ.. Macam mana nak mengelakkan keadaan ini berlarutan ye?

    Jika boleh, di emelkan ya.. :) terima ksih..

  3. sari says:

    aslm,,bunda,,gimana kalo dg kentut yg tidak berbunyi dan brbau??saya penderita obsesif kompulsif,,di mana saya sering mengulang wudhu krna merasa kalo ada angin keluar dari dubur saya,,saya sdh berusaha untuk meyakinkan diri bahwwa tu bukan kenmtut tapi selalu da bisikan yg menyuruh saya mengulang shlt,,jadi shlt saya tu tidak tenang krna saya cuma memikirkan kentut tu aja,,tlg di balas ke email saya ya bunda,,saya juga punya penyakit mag,,apa ada hubungannya?? jzk buda,,wassala,,

  4. nisa says:

    bunda..sy jg minta dikirim email atas penjelasan dr semua prtanyaan yg sudah ada ya… terimakasih

  5. astri says:

    asslmkm bunda, saya mengalami hal yang sama dengan sari
    bagaimana ya hukumnya?
    tlg bls lewat email saja ya bun, syukron..

  6. niniw says:

    bunda mohon pnjelasannya, saya juga mengalami sprti yg dialami sari..
    “gimana kalo dg kentut yg tidak berbunyi dan brbau??saya penderita obsesif kompulsif,,di mana saya sering mengulang wudhu krna merasa kalo ada angin keluar dari dubur saya,,saya sdh berusaha untuk meyakinkan diri bahwwa tu bukan kenmtut tapi selalu da bisikan yg menyuruh saya mengulang shlt,,jadi shlt saya tu tidak tenang krna saya cuma memikirkan kentut tu aja,,tlg di balas ke email saya ya bunda,,saya juga punya penyakit mag,,apa ada hubungannya??”

  7. Ain says:

    Saya blum menikah dan blum prnh melahirkan, tp setiap saya sholat sering kentut lwt kemaluan..
    Apakah it normal?
    Dan apakah membatalkan wudlu atau sholat?
    Bun tlng penjelasannya lwt email y..
    Mkasi

  8. ina says:

    bunda saya sering mengalami seperti yang dialami oleh mbak niwin dan ain> dan saya merasa sering ragu dan tidak khusuk dengan ibadah sholat saya. mohon di bantu dengan masalah saya bunda. terima kasih atas batuan

    • bunda says:

      oke, jawaban sudah saya kirimkan via email mba…terimakasih atas kunjungannya di portal RumahBunda.com

  9. miel says:

    Bunda,,, saya juga minta dkirimi pnjelasan trkait pertanyaan2 di atas. tentang kentut lewat kmaluan bgi gadis, menahan kentut saat sholat, dan sering merasa kentut saat sholat sehingga mengganggu kekhusyu’an sholat. Terimaksih bunda,,,

  10. desy e says:

    saya jg mengalami hal seperti tersebut di atas, sering buang gas dr vagina,.. Mohon di jwb via email ya. Thanks.

  11. Yaniwidad says:

    asalamu alaikum wr wb, bunda saya jg mgalami hal yg sama dgn miel, mhn dijwb via email ya. jazakillah bunda. wslmkm

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam, mba Yani dan mba Alina…

      terimakasih atas kunjungannya di RB ya….jawaban sudah saya kirimkan via email, semoga bermanfaat…

  12. Alina says:

    afwan,,, bunda
    saya juga mengalami masalah seperti masalah Gadis melayu
    saya belum bersuami dan belum pernah melahirkan, tapi saya sering kentut melalui vagina??
    tolong juga di kirim jawabannya ke e-mail saya…….

    syukran sebelummnya bunda :)

  13. Caa says:

    SORE BUNDA…
    Bunda,,, saya juga minta dkirimi pnjelasan trkait pertanyaan2 di atas. tentang kentut lewat kmaluan Bagi perempuan yang masih gadis, berbahaya ngk ya bunda dan menahan kentut saat sholat, . Terimaksih bunda,,,
    Jika boleh, di emelkan ya.. :)
    terima ksih ya bunda..

      • deya says:

        bunda, saya mohon penjelasan tentang keluar angin melalui vagina bagi seorang gadis yg belum menikah. apakah itu berbahaya? lalu bagaimana solusinya? dijawab lewat email ya bunda. terima kasih.

  14. lala says:

    asslmkm bunda, saya mengalami hal yg sama dgn sari, bagaimana ya hukumnya? Tlg bls lewat email saja ya bun..
    syukron…

  15. Putry says:

    Tolong beri penjelasan tentang rasa was-was saat solat dan bagaimana cara menanggulangi???
    Dan beri penjlasan maslah kentut vagina?apkah benar2 tidak membatalkan sholat???
    Kirim ya>>>>

  16. Aufa says:

    Bunda,,,permasalahan sya hampir sma,,jdi tolong share ke email sya penjelasan tentang hal trsbut,,,,Jazakillah Bunda sblumnya,,,

  17. dyah says:

    bunda…saya jg srg mengalami hal spt di atas, lbh tepatny spt yg ditanyakan mba miel, mohon pnjelasanny dkrm ke imel, syukron

  18. tien says:

    Asslmkm.. Bunda sy boleh mnta pjelasan atas shre tmn2 yg lain..
    Terutama dr dewi.. Mslhnya hmpir sma..
    Jzkillah.

  19. deyyy says:

    bunda, saya mengalami hal yang sama dengan caa. tlg penjelasannya ya bunda tentang keluar angin dari vagina bagi seorang gadis. apakah berbahaya dan mohon solusinya. terimakasih.

  20. Rara says:

    Bunda, saya juga mengalami masalah2 di atas. Tolong kirimkan ke email tentang penjelasannya ya. Thx

  21. nurul says:

    tp saya pernah baca blog nih bun, intinya bilangnya kalo kentut seperti itu dri vagina akaan membatalkan solat, jd saya bingung nih bun, tolong dijelasin di email ya bunn :)

  22. dyfi says:

    RB, saat kecil (maaf) faraj saya pernah terbentur karena jatuh. dan akhir2 ini pernah menahan kentut tp tidak bisa karena udara malah keluar lewat faraj. apakah itu kentut vagina atau udara yang terdesak atau masalah lain? saya juga ingin tahu kentut vagina yg dialami gadis seperti apa ya?
    tlg emailkan ya,,, terimakasih sekali…

  23. winarti says:

    bunda,sya jg seorg gdis mengalami hal yg sepert d mbk dyfi,.mhon jwbnx lewt email ya. .
    Syukron

  24. Enisaa says:

    Assalamu’alaikum bun, mslah sy hmpir sama dg msalah mba sari,.
    Tlong pnjlsn.a via email ya bun, trma ksiiih ^.^

  25. viswa says:

    assalam bunda. maaf saya ikut”an nanya. karena saya juga mengalami hal yg serupa. saya masih gadis, 18 tahun & gemuk, saya sering kentut lewat vagina & semakin jarang kentut melalui bagian belakang kecuali bila saya sakit perut. jadi mohon infonya bun, dikirim via email ya. dan sebagian bsa d’copas agar pengunjung setelah saya juga bisa mengerti ttg hal serupa. terimakasih bun.. wassalam

  26. bunda says:

    Berikut ini adalah jawaban yg kami berikan untuk para pengunjung yang telah berkomentar untuk artikel ini :

    Pada umumnya memang yg mengalami flatus vaginalis (kentut dari vagina) ini adalah wanita yang sudah pernah berhubungan seksual atau sudah pernah melahirkan. Hal ini normal. Akan tetapi, pada beberapa kondisi tertentu—dimana kondisi ini hanya bisa dijelaskan oleh pakar medis—- ada pula wanita yg masih gadis atau belum pernah berhubungan seksual dan belum pernah melahirkan, mengalami flatus vaginalis ini. jika Anda ingin mengetahui penjelasannya secara medis, saya sarankan untuk datang ke dokter ahli, agar permasalahan ini ditangani oleh ahlinya langsung.

    Adapun secara Fiqih, hukum kentut dari kemaluan ini tidaklah membatalkan wudhu dan sholat. Anda masih boleh dan harus tetap sholat atau beribadah lainnya meski Anda kentut dari vagina.

    Lalu bagaimana dengan “sering merasa kentut” atau was-was “apakah aku tadi kentut atau tidak?”, maka saya katakan, sesungguhnya keragu-raguan dan rasa was-was itu datangnya dari syaithan. Maka keraguan dan rasa was-was itu harus kita buang jauh-jauh. Dinamakan kentut apabila gas yg keluar (tempat keluarnya adalah anus) itu memiliki 3 sifat atau salah satu dari 3 sifat berikut, yaitu berbunyi, berbau, dan dirasakan keluarnya. Jika tidak ada salah satu dari sifat berikut ini, maka Anda tetap harus shalat dan wudhu tidak batal. Itu berarti Anda dilanda rasa was-was. Maka mantapkan hati Anda, dan jangan turuti hal-hal yg demikian. Biidznillah, jika Anda tidak mengikuti rasa was-was yg datangnya dari syaithan ini, maka insya Allah lama-kelamaan perasaan was-was ini akan hilang dengan sendirinya. Awalnya sulit, akan tetapi, rasa was-was dalam diri Anda hanya Anda yang dapat mengobatinya.

    Demikian, semoga bermanfaat.

Comments are closed.