RESEP CAKE UNTUK PEMULA

Hai, Moms! Masih bingung cari resep cake untuk pemula? Hehehe…sama.

Setahun terakhir ini, saya begitu berminat untuk membuat kue sendiri. Baik itu cake kukus maupun cake panggang. Awalnya, karena belum punya oven dan loyang, saya hanya bermodal mixer dan wadah plastik tulipware saja yang bisa dipakai untuk mengukus kue. Bahan-bahannya pun saya baru berani pakai tepung yang sudah siap olah, seperti Pondan misalnya. Sambil terus belajar dan mengembangkan kreativitas, saya mencoba berbagai resep, juga mengutak-atik resep yang sudah ada.

Nah, ketika akhirnya saya memberanikan diri membeli oven, maka dimulailah “Baking Class” yang sesungguhnya. Hehehe… Baru oven tangkring memang. Karena saya baru mau uji coba dan mempelajari si oven dengan baik sebelum beli yang benar-benar bagus. Dan untuk memulainya, saya benar-benar belajar sendiri dari awal, sesekali mengintip resep, dan mengulangnya sendiri dengan resep yang saya coba-coba. 

Rekomendasi untuk pemula?

Hmm…untuk kategori cake panggang, yang paling mudah sampai saat ini adalah butter cake. Siap mencobanya juga?

butter cake pemula

Bahan : 

  • 6 butir telur
  • 250 gram terigu, ayak
  • 250 gram gula pasir
  • 250 gram mentega
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt soda kue

Cara membuat : 

  1. Kocok gula dan mentega sekitar 7 – 10 menit sampai warnanya agak pucat, kemudian masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus sampai mengembang.
  2. Matikan mixer, masukkan terigu, vanili, dan soda kue, lalu aduk hingga rata.
  3. Tuang dalam loyang bulat diameter 18 yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti. Oven hingga matang 45 menit dengan suhu 180 C.

Hasilnya, cake mengembang bagus, bagian dalam matang rata, dan lembut…sayangnya, kalau menurut saya, dengan gula 250 gram ini, hasilnya terlalu manis!

 

Selamat mencoba resep butter cake untuk pemula ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *