RESEP TAHU ACI (TAHU PLETOK)

RESEP TAHU ACI (TAHU PLETOK)

 

Setelah lama sekali memendam rasa ingin mencoba resep tahu, akhirnya kemarin saya berhasil membuatnya sendiri. Alhamdulillah…

Tahu aci atau sering disebut juga tahu pletok adalah tahu khas daerah Tegal. Sederhana saja sebetulnya, hanya tahu yang dipotong berbentuk segitiga dan diberi pulungan aci (kanji) di atasnya. Tapi, untuk musim hujan seperti sekarang ini, tahu aci bisa menjadi teman minum teh Anda bersama keluarga.

Yuk kita coba….

Bahan :

  • 10 buah tahu kuning ukuran sedang
  • tepung kanji atau tepung sagu
  • daun bawang / daun kucai iris tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • merica bubuk
  • garam secukupnya
  • air es

Cara membuat :

  1. Potong tahu menjadi 2 bagian secara diagonal, sehingga tahu berbentuk segitiga. Sisihkan.
  2. campur tepung kanji, daun kucai, bawang putih, merica bubuk, dan garam. Uleni dengan air sampai adonan bisa dipulung.
  3. Ambil sepotong tahu, beri pulungan di atasnya, lalu goreng dalam minyak panas.
  4. Setelah kekuningan dan aci matang, angkat dan tiriskan minyaknya. Tahu aci ini enak disantap saat hangat bersama dengan cabai rawit, kecap sambal, atau sambal kacang.

Sederhana bukan?

Share This Post

24 Responses to "RESEP TAHU ACI (TAHU PLETOK)"

  1. mbak, koq klo udah matang warna acinya masih kayak bening gitu loh, kenyal lagi..keliatan banget tepung kanjinya.
    klo aku beli koq warnanya putih (kayak di gambar mbak) dan rasanya gak begitu kenyal (gak terasa amat tepung kanjinya).
    gmn sih…apa pke campuran tepung lain jg??
    mksh

    Reply
    1. mbak Rini, biasanya itu dicampur pakai tepung lain seperti terigu, misalnya. karena agak susah juga kalo mulung acinya tanpa terigu. nah, kebetulan yg saya upload ini hasil yg saya campur 2 sdm terigu mbak.

      Reply
  2. Bu maaf nanya dong,aku pecinta brt tahu pletok atau tahu aci tegal”benjaran”aku skr di ibu kota susah nyari kuliner tsb,aku coba bikin dg resep ibu tp saat di goreng ga mekar dan saat dingin jd keras bu?apa yg slh ya bu?

    Reply
    1. wah, sama kayak saya ya, pak. pecinta tahu pletok. hehehe….

      resep yg saya coba ini saya dapatkan dari tetangga saya yg asli tegal. takarannya sebenarnya harus benar2 pas, disesuaikan. tapi kadang kalau saya buat, seperti yg di foto itu, saya campur pakai sedikit saja terigu, agar mudah memulung aci-nya. dan memang, kalau sudah dingin, aci-nya jadi keras, pak…karena itu memang disarankannya disantap saat masih hangat.

      Reply
  3. Mau coba tahu pletok yang enak di Jakarta ?
    Coba Tahu Pletok Johan
    Alamat : Puri Indah Blok A (tempat jajan). Tiap hari Jum’at libur. Buka dari jam 10 s/d jam 3 sore. Lewat jam itu sudah biasa sudah habis. Saya pelanggan disana.. 😀 😀 Acinya renyah, bumbu kacang + kecapnya sedap..

    Reply
  4. wah ibu-ibu..kbtulan skali ni buat yg pgn bl tahu aci asli tegal..bs pesen ke saya..tiap minggu sy bolak blk bu ke tegal…klo ibu2 minat bs sms aja ke 085659679721…djmin asli bu..renyah dan gurih rasanya..:-)

    Reply
  5. mba’e daerah jakarta utara dmna yah y ada?
    truz kalo cari tahu’ itu sendiri dmna yah?yang persis kaya tahu banjarannya itu lho?

    saya org tegal asli tapi tak pernah temuin dii sini?

    Reply
  6. Nyong Mendoan Cilacap · Edit

    Memang gampang – gampang susah untuk bikin acinya , kadang kalau digoreng acinya pisah juga kadang kalau kebesaran api aci masih mentah bagian dalamnya . saya sudah mencoba dan belajar di Banjaran Tegal dan sekarang setiap lebaran dan akhir tahun jual di Pangandaran tepatnya di depan Rumah Makan Cilacap jl Penajaung

    Reply

Post Comment