Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

AKTIVITAS DAN PERMAINAN UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN MOTORIK ANAK

Tidak banyak orangtua yang mengerti bahwa keterampilan motorik kasar dan halus seorang anak perlu dilatihdan dikembangkan setiap saat dengan berbagai aktivitas. Pengembangan ini memungkinkan seorang anak melakukan berbagai hal dengan lebih baik, termasuk di dalamnya pencapaian dalam hal akademis dan fisik.

Keterampilan Motorik Halus

Keterampilan motorik halus adalah keterampilan yang mengandalkan otot-otot yang halus. Biasanya dikembangkan untuk keterampilan menulis atau memanipulasi benda-benda kecil seperti merobek, menggunting, melukis, mewarnai, dsb.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan si kecil bersama Anda di rumah:

1. Melukis. Anda bisa melakukan improvisasi dengan beberapa teknik; melukis dengan jari, kuas besar, kuas kecil, kapas, ataupun sikat halus.

2. Puzzle. Tidak usah risau untuk membeli peraga puzzle yang mahal-mahal. Anda bisa membuatnya sendiri dengan gambar yang anda gunting menjadi beberapa bagian, dan memintanya untuk merangkai kembali. Atau, kini telah banyak permainan puzzle di komputer atau online.

3. Playdough. Masih ingat dengan adonan playdough yang pernah saya ajarkan, bukan? Nah, praktekkan itu dengan si kecil. Lakukan improvisasi dengan membuat berbagai bentuk dari adonan, lalu minta si kecil untuk memotongnya dengan pisau mainannya. Ini sangat baik untuk melatih keterampilan motorik halusnya.

4. Menggunting. Ada banyak gunting mainan untuk anak-anak yang aman dan tidak membahayakan. Duduklah bersama si kecil, dan bukalah berbagai majalah bekas Anda. Biarkan si kecil menggunting gambar yang ia senangi.

5. Meronce. Jika manik-manik dan permata palsu terlalu kecil dan cukup “berbahaya” bagi batita dan balita, Anda bisa memulainya dengan potongan sedotan dan kertas lipat. buatlah berbagai bentuk, dan rangkailah menjadi hiasan yang indah.

6. Lego dan balok. Permainan ini paling disenangi anak-anak. Merangkai dan menyusun untuk menjadikan sesuatu yang menarik dan unik.

Keterampilan Motorik Kasar

Keterampilan motorik kasar adalah keterampilan yang mengandalkan penggunaan otot-otot besar seperti berjalan, berlari, melompat, memukul, dsb. Biasanya berkaitan dengan hal-hal fisik. Dan mengandalkan keseimbangan dan koordinasi anggota tubuh.

Beberapa kegiatan untuk melatih keterampilan motorik kasar:

1. Berlari. Anda bisa melakukan kegiatan ini di halaman, atau di ruangan yang luas untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan dalam rumah. Lakukan improvisasi dengan menggunakan bendera, kartu unik, atau benda yang dioper.

2. Memanjat. Jika di dekat rumah Anda ada taman bermain yang terbuka untuk umum, Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain di area memanjat. Atau, buatlah area memanjat sendiri di rumah dengan menggunakan meja dan kursi. Untuk menghindari ada yang terluka, usahakan agar Anda menyediakan matras untuk mendarat jika mereka melompat.

3. Permainan jingkat. Dalam bahasa Jawa disebut engklek. Permainan ini baik untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh si kecil.

4. Main bola. ApapunĀ  jenis permainan bolanya, ini sangat bagus untuk melatih kekuatan otot anak-anak.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Anda siap bermain bersama si kecil?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *