BERMAIN SABLON SEDERHANA

Halo, Moms…Sedang bingung ingin mengisi kegiatan anak di hari libur? Jangan lagi, yaa…Sekarang jaman makin canggih, internet bisa kita manfaatkan untuk mencari bahan-bahan atau ide berkegiatan dengan anak. Semua ibu pasti bisa!

Nah, kali ini, saya mau berbagi pengalaman saya berkegiatan dengan putri saya Alifa. Kegiatan ini sebenarnya sudah kami lakukan di bulan Ramadhan lalu. Late post ceritanya. Hehe. Dan kegiatan ini juga, mungkin pernah kita lakukan saat kita kecil dulu.

sablon2

Menyablon. Iya, menyablon. Saya dulu menyebutnya begitu. Meski bukan sablon seperti yang untuk di kaos-kaos itu ya, Bun. Bukan…ini mah, sablon-sablonan ala-ala. Hehe. Alat dan bahannya juga mudah, pakai barang yang ada di rumah. Gampaaang!

Alat dan bahan : 

  • Kertas karton putih atau yang cukup tebal
  • Pewarna kue
  • Sisir dengan gigi yang tidak terlalu keras
  • Sikat gigi
  • Benda-benda yang ingin disablon (misal, daun-daunan, dll)

Cara mengerjakan : 

  1. Cairkan pewarna kue secukupnya. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu pekat juga. Dikira-kira saja pasnya.
  2. Letakkan benda yang ingin disablon di atas kertas karton putih.
  3. Celupkan sikat gigi ke dalam cairan pewarna, kemudian menggunakan sisir, sikat-sikat sampai warnanya terpercik sedikit demi sedikit ke atas karton. Lihat gambar.
  4. Setelah warna cukup merata, angkat bendanya, dan lihat hasilnya!

sablon3

Ada baiknya untuk memakaikan apron pada anak agar pewarna tidak mengenai langsung pakaiannya. Gulung juga bagian lengan agar lengan baju tidak kotor. Biarkan si kecil berkreasi sendiri dengan benda-benda yang ingin disablonnya.

Selamat mencoba!

 

Gambar : dokumentasi pribadi Rumah Bunda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *