GAME SAINS : MEMBUAT ES KRIM

Es krim! Hampir sebagian besar anak-anak pasti menyukai es krim. Putri sulung saya, Alifa, juga termasuk penggemar es krim kelas berat. Bahkan saat batuk pilek pun ia tetap dengan santainya makan es krim. Rupanya, ia mengikuti jejak saya yang juga bandel untuk urusan satu ini. Bedanya, berat badan saya mudah naik, sedangkan Alifa tidak. Heran, jago makan es krim dan manis-manis, kok dia tidak gemuk ya…

Nah, di depan rumah kami penjual es krim puter sering lewat. Itu lho, es krim dung-dung yang biasanya dimakan dengan contong kerupuk atau roti tawar. Sesekali kami pun beli juga. Meski dibatasi, sebab kalau dirasa-rasa, terlalu banyak pemanis buatan yang dipakai. Jadi ingat, di salah satu buku sains Alifa, ada juga game sains percobaan membuat es krim. Namanya, Atraksi Kubus Es. Ini dia bukunya :

Ilmuwan Cilik di Dapur Hal. 16-17
Ilmuwan Cilik di Dapur Hal. 16-17

Terinspirasi dari buku ini, akhirnya kami melakukan percobaan membuat es krim sendiri. Sambil percobaan sains kecil-kecilan gitu. Bersama dengan teman-teman klubnya Alifa, kami pun membuat percobaan Atraksi Kubus Es ini.

Bahan dan alat :

  • Baskom
  • Gelas
  • Sendok
  • Es batu sebanyak-banyaknya
  • Garam dapur
  • Minuman jus atau susu

Cara Mengerjakan :

  1. Pecahkan es batu menjadi potongan-potongan yang kecil. Bisa juga menggunakan kubus es. Masukkan dalam baskom.
  2. Tuangkan minuman jus atau susu ke dalam gelas, kira-kira 3/4 gelas. Letakkan gelas ini di tengah-tengah baskom sehingga dikelilingi oleh es batu.
  3. Taburkan garam dapur di atas es batu (jangan sampai kena minumannya ya).
  4. Aduk minuman dalam gelas setiap 10 menit sekali dan lihat perubahan yang terjadi.
Atraksi Kubus Es, Membuat Es Krim Sendiri
Atraksi Kubus Es, Membuat Es Krim Sendiri

Waktu percobaan, awalnya saya memasukkan 2-3 gelas sekaligus ke dalam baskom es. Ternyata sampai setengah jam, belum ada perubahan. Sepertinya saya kurang banyak meletakkan es batunya. Kemudian, saya pun menguranginya menjadi 1 gelas saja dalam baskom. Tanpa ditambahi es. Tidak lama, ternyata minuman dalam gelas mulai membeku! Ternyata memang esnya kurang…

Hasil Atraksi Kubus Es, Horeee...Alhamdulillah Berhasil!
Hasil Atraksi Kubus Es, Horeee…Alhamdulillah Berhasil!

Alhamdulillaah, berhasil…tinggal menunggu sedikit lebih lama lagi, jadilah es krim sederhana kami. Selamat mencobanya sendiri di rumah!

Ide ini berasal dari buku Ilmuwan Cilik di Dapur karya Lisa Burke, diterbitkan oleh Tiga Ananda (Tiga Serangkai).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *