GAME SERU : MEMANCING IKAN DENGAN MAGNET

Anda mungkin pernah melihat atau bahkan pernah membelikan putra-putri Anda permainan memancing ikan dengan magnet yang papannya menggunakan baterai. Dalam permainan itu, ikan-ikan di papan dapat berputar dan mulutnya dapat membuka dan menutup yang kemudian dapat dipancing oleh anak-anak. Sekali waktu, Alifa pernah mempunya mainan semacam ini. Tapi, karena di klub ada beberapa anak dan semua ingin bermain, maka saya pun mencari ide untuk membuat permainan semacam ini sendiri agar lebih banyak anak yang bermain.

Magnetic fishing game atau permainan memancing ikan dengan magnet ini bagus untuk melatih ketekunan dan konsentrasi anak, sekaligus untuk latihan berhitung dan percobaan sains sederhana. Permainan ini sangat cocok dimainkan untuk anak-anak usia 3-5 tahun.

ikan-magnet1

Bahan dan alat : 

  • kertas
  • pensil
  • crayon / pensil warna
  • benang
  • magnet kecil
  • tusuk bambu kecil, tumpulkan ujungnya
  • klip kertas
  • lem
  • gunting

Cara membuat : 

  1. Buatlah beberapa gambar ikan, kemudian warnai. Bisa juga dengan memanfaatkan gambar-gambar dari internet yang kemudian di print. Jangan lupa setting gambar dengan berhadap-hadapan dengan teknik “mirror“, agar dapat ditangkupkan. Atau bisa juga mendownload gambar ikan yang sudah jadi disini. Jumlah ikannya menyesuaikan jumlah anak yang akan bermain.
  2. Setelah gambar ikan jadi dan sudah diwarnai, rekatkan dengan lem dan jepitkan klip kertas di ujung mulutnya.
  3. Ikat benang pada stik bambu, panjangnya menyesuaikan. Kemudian pada ujung benang yang satunya, simpulkan dengan magnet kecil.
  4. Letakkan ikan-ikan yang sudah jadi di dalam sebuah wadah yang lebar seperti nampan atau yang semisalnya.
  5. Permainan dimulai !

ikan-magnet3

Modifikasi permainan menjadi perlombaan. Misalnya, dengan menentukan waktu tertentu dengan menggunakan alarm, dan anak yang berhasil memancing ikan paling banyak dalam waktu tersebut adalah pemenangnya. Atau kita bisa meminta anak untuk memancing ikan dalam jumlah tertentu sambil latihan berhitung. Boleh juga menjelaskan kepada anak tentang bagaimana magnet dapat menarik benda logam. Minta juga mereka untuk mengarahkan magnet ke ekor ikan, atau ke benda-benda lain yang bukan logam untuk melihat perbedaannya.

Selamat mencoba !

 

Sumber : http://www.kidspot.com.au/kids-activities-and-games/Party-games+7/Make-a-magnetic-fishing-game+12858.htm dengan alih bahasa dan penyesuaian oleh penulis Rumah Bunda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *