GAMES : BOTOL BOCOR

Selama ini saya banyak memberikan aktivitas yang sifatnya individual pada anak-anak. Maksudnya, setiap aktivitas banyak dilakukan oleh perseorangan. Muncullah ide untuk mencarikan aktivitas untuk melatih kerjasama mereka dalam sebuah tim. Karena saya sangat berharap anak-anak ini juga mampu untuk kompak dan bisa bekerjasama dengan sesama temannya.

Maka kami pun bermain Botol Bocor. Hehe, namanya aneh ya. Tapi, itulah…saya tidak tahu apa nama permainan ini sesungguhnya. Tapi, konsep dan cara bermainnya juga sederhana. Banyak dari kita yang mengetahui bahkan pernah mempraktekkannya sendiri.

botol-bocor-2

Alat dan bahan : 

  • 2 botol aqua/soda bekas ukuran besar (untuk 2 tim, jumlah botol sesuaikan saja dengan tim yang dibentuk)
  • 2 ember kecil (untuk 2 tim)
  • 1 ember besar berisi air
  • paku untuk melubangi botol

Cara bermain :

  1. Bentuk 2 tim (minimal) yang masing-masing tim terdiri dari 2 anak atau lebih. Silakan sesuaikan dengan jumlah anak yang ikut bermain.
  2. Lubangi botol aqua atau botol soda dengan paku. Kalau saya, agar lebih mudah, saya lubangi dengan solder. Kira-kira beri 8-10 lubang untuk setiap botol.
  3. Atur jarak tempuh, misalnya 3-5 meter. Lalu letakkan ember-ember kecil untuk wadah penampungan air.
  4. Setiap tim harus mengisi botol mereka dengan air dari ember besar yang disediakan dan membawanya sambil menutup lubang kebocoran dengan tangan sampai ke ember penampungan. Tim yang lebih dulu memenuhi ember penampungan, dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan ini seru dan mengasyikkan lho. Sangat bermanfaat untuk melatih kerjasama tim, kekompakan, kompetisi, dan kecepatan. Selamat mencoba di rumah!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *