GAMES : MENCARI BENDERA HARTA KARUN

Beberapa waktu lalu, kami (saya dan anak-anak di Kids Club Rumah Bunda) bermain mencari “Bendera Harta Karun”. Ceritanya, saya ingin memberikan hadiah kecil untuk anak-anak tersebut sebagai penyemangat. Jadilah sekalian saja saya buat semacam lomba “adu cepat”. Konsepnya sederhana saja, sama dengan lomba mengumpulkan bendera. Tapi, saya memodifikasinya dengan materi pengenalan angka dan berhitung sederhana.

Kami membuat bendera warna-warni dalam jumlah tertentu dari bahan kertas lipat dan tusuk sate. Kemudian, setiap bendera kami beri nomor. Misalnya ada 10 bendera, maka penomorannya 1-10. Lalu bendera-bendera tadi kami sebar dan ditancapkan di area permainan. Ada yang ditancapkan di pot, di balik pohon, dsb.

lomba-bendera

Cara bermainnya, setiap anak diminta mengumpulkan bendera. Bisa ditentukan misalnya kumpulkan 3 bendera, atau kumpulkan sebanyak-banyaknya bendera. Kalau kami tadi, agar adil dan tidak saling berebut, saya batasi setiap anak harus mengambil 3 bendera. Nah, bendera-bendera ini nanti ditukar dengan hadiah yang sudah disiapkan. Proses penukaran hadiah pun ada caranya. Karena ini menggunakan angka, maka setiap anak harus bisa mencari angka yang sama dari papan yang saya miliki. Lalu belajar menyebutkan angkanya.

lomba bendera-3

Permainan ini bertujuan untuk melatih kejelian, latihan mengenal angka, hiburan, dan latihan berkompetisi.

Boleh juga dimodifikasi, misalnya untuk anak yang sudah lebih besar dan sudah dapat membaca. Pada bendera bisa langsung ditulisi nama hadiahnya. Bendera juga bisa diikat di dahan atau daun, dengan karet gelang atau tali.

Seru dan menyenangkan lho ! Semoga dapat menginspirasi ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *