MEMANFAATKAN CD/DVD RUSAK

Keping CD dan DVD di rumah Anda menumpuk dan banyak yang sudah tidak bisa diputar lagi di playernya? Eits, jangan langsung dibuang, ya! Karena, keping CD dan DVD rusak itu masih bisa kita gunakan, lho. Hitung-hitung, kita turut membantu mengurangi polusi dengan memanfaatkan barang bekas untuk didaur ulang agar bisa bermanfaat lagi.

Ada banyak sekali craft yang bisa kita buat dari keping CD atau DVD yang rusak. Mulai dari yang sederhana untuk media belajar anak-anak, hiasan dinding, lampu kamar, hiasan taman, sampai replika atau miniatur unik. Cara membuatnya pun memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Tapi, kali ini, saya hanya akan sedikit mengulas pemanfaatan CD atau DVD rusak dengan cara yang paling sederhana dan mudah untuk dibuat.

1. CD Reading Card 

Membuat flashcard tak selalu harus dengan karton atau kertas tebal. Kepingan CD atau DVD rusak pun bisa menjadi alternatif lain untuk membuat media belajar anak-anak. Selain tak mudah ditekuk-tekuk atau digigit, flashcard dari keping CD ini juga bisa ditempel di dinding ruang belajar.

IMG_0598

Bahan : kertas lipat aneka warna, lem atau double tape, gunting, keping CD/DVD rusak, dan spidol

Cara membuatnya : ambil selembar kertas lipat dan satu keping CD. dengan menggunakan lem atau double tape, lapisi bagian atas CD (yang biasanya ada tulisan atau cover CD) dengan kertas warna tadi. setelah itu, rapikan bagian kertas yang tidak menutup CD dengan gunting sehingga kertas warna menutup bagian CD secara sempurna. nah, keping CD baru Anda siap untuk diberi gambar atau tulisan.

2. Ornamen Pigura

Menghias pigura buatan sendiri dengan bunga kering atau kulit kerang mungkin sudah cukup banyak dijumpai. Tapi, membuat hiasan pigura dengan keping CD? Masih jarang lho. Hasilnya tak kalah cantik dengan hiasan bunga kering atau kulit kerang. Meski memang, harus hati-hati saat memotong keping CDnya menjadi serpihan yang lebih kecil.

Bahan : keping CD/DVD rusak, karton tebal daur ulang, lem panas, gunting, cutter, cat minyak, plastik mika, dan pensil

Cara membuatnya : buat frame pigura dari karton tebal sesuai dengan kreasi Anda, kemudian lapisi dengan plastik mika. potong keping CD menjadi beberapa serpihan dengan menggunakan cutter atau pemotong kawat. oles permukaan frame dengan lem panas (boleh lem apa saja yang penting kuat), kemudian tempelkan serpihan CD di atasnya (bagian yang mengkilat di atas). untuk lebih rapi, hias dengan menggunakan cat minyak.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menghias meja, kotak hadiah, tempat pensil, atau pernik lain dengan pola yang bervariasi.

3. Tatakan lilin

Sering kali kita menggunakan piring atau gelas kecil untuk dijadikan alas atau tatakan lilin. Nah, rupanya, keping CD yang tak terpakai lagi bisa menggantikan piring dan gelas tadi sebagai tatakan lilin di saat mati lampu. Hasilnya bisa jadi cantik lho!

tatakan lilin-cd

Bahan : keping CD/DVD rusak, lem panas, lilin, cat, manik-manik, glitter

Cara membuatnya : hias keping CD dengan menggunakan cat, atau sesuai dengan kreasi Anda. kemudian, tempelkan lilin (yang ada gelas kecilnya) dengan menggunakan lem panas di bagian tengahnya. atau bisa juga dengan menumpuk 3-5 buah keping CD, dan meletakkan lilin kecil di lubang tengahnya.

 

 

One comment

Leave a Reply