PERMAINAN : LOMBA TANCAP BENDERA

Mengisi hari libur, tak ada salahnya jika kita mengadakan suatu permainan atau perlombaan yang seru untuk anak-anak. Tak harus selalu mengisi libur dengan pergi ke tempat hiburan lho. Rumah pun bisa menjadi “tempat hiburan” yang murah meriah namun tetap penuh cinta. Bisa juga mengajak atau melibatkan teman-teman seusianya yang kebetulan sedang main ke rumah.

Salah satu permainan yang disukai oleh anak-anak terutama balita adalah Lomba Tancap Bendera. Apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana cara bermainnya? Yuk, simak lebih lanjut!

Alat dan bahan :

  • kertas A4 warna warni
  • gambar atau stiker dengan tema tertentu, misalnya transportasi, buah, dll
  • lem kertas
  • tusuk sate
  • gabus/foam
  • gunting & cutter

Membuat bendera : Potong kertas warna-warni menjadi 4 bagian perlembarnya. Kemudian tempeli dengan striker atau gambar lain sesuai tema. Pasang tusuk sate bambu pada salah satu ujungnya. Lakukan hal tersebut sampai bendera habis.

Cara bermain :

  1. Bila ada beberapa anak, maka berikan 3-5 bendera pada masing-masing anak dengan gambar seri yang sama. Bila hanya anak Anda seorang saja, maka Anda pun perlu ikut bermain dengannya.
  2. Buat suatu jarak, misalnya dari ujung ruangan ke ujung ruangan, dan letakkan gabus untuk menancapkan bendera. Tunjukkan pada anak tempat gabus untuk menancapkan benderanya. Dan minta mereka untuk mendengarkan bendera dengan gambar apa yang Anda minta.

Permainan ini dapat juga dilakukan di PAUD atau Playgroup. Anda juga bisa memodifikasinya dengan teknik lain. Seperti misalnya mengumpulkan bendera dengan warna atau gambar yang sama, etc.

Manfaat dari permainan ini adalah melatih koordinasi tangan dan kaki, serta kemampuan verbal dalam menerima perintah. Selain itu, permainan ini dapat mengakrabkan anak yang satu dengan yang lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *