JADWAL KEGIATAN DAN MATERI ALIFA BULAN SEPTEMBER

Sudah lama sebenarnya saya ingin membagi jadwal yang saya buat untuk Alifa di rumah. Tapi, behubung kegiatan blogging saya sekarang cukup terbatas, baru kali ini saya bisa share jadwal yang saya buat. Selain itu, kemarin-kemarin jadwal Alifa masih sangat “kasar”. Belum pede saya untuk mempublishnya.

Kebetulan saya pribadi termasuk orang yang suka dengan penjadwalan. Karena buat saya dengan adanya jadwal itu akan lebih mudah untuk menyusun dan menyiapkan materi yang akan saya berikan ke Alifa. Meski pada teknis pelaksanaannya tidaklah kaku alias sangat fleksibel sekali dan bisa dibolak-balik sesuai dengan mood Alifa saat itu.

Jadwal yang akan saya share ini adalah jadwal baru untuk bulan September-Oktober. Bila sebelumnya, komputer, gadget, dan internet untuk Fafa hanya kami jadwalkan di hari Sabtu dan Ahad, maka jadwal kali ini kami membaginya lagi di beberapa hari lain. Mengapa diubah?

Sebenarnya, hasil dari penjadwalan yang telah lalu sudah cukup bagus. Fafa jauh lebih terkontrol dan ia mulai belajar mendisiplinkan dirinya sendiri. Tapi, ada yang menjadi ganjalan di hati kami, orangtuanya. Memfokuskan komputer hanya di 2 hari tersebut ternyata membuat Fafa “memanfaatkan” momennya dengan banyak di depan komputer/laptop pada hari tersebut. Maka, penjadwalan kami ubah, untuk mendapatkan “formula” yang pas untuknya. Dan di jadwal kali ini, kami bagi di 4 hari untuk sesi komputernya. Dan maksimal dalam seminggu ia hanya boleh bersama komputer selama 7 jam.

Sebagai catatan, penjadwalan ini pun kami diskusikan dengan Fafa terlebih dahulu lho. Bagaimanapun, kami tidak ingin ia merasa “hak”nya direnggut. Kami membicarakan ketentuan-ketentuan bersama. Misalnya, lebih banyak memanfaatkan komputer dan internet untuk edukasi, bukan hanya sekedar menonton atau game yang sia-sia. Kalaupun menonton, kami pilihkan video dari Baby Einstein, BBC Live, National Geographic, serta video edukasi lain yang sudah kami download, baik itu yang berbahasa Arab maupun bahasa Inggris.

Selain itu, ada ketentuan lain, seperti sebelum duduk manis di depan komputer, ia harus membereskan mainan dan bukunya terlebih dahulu, harus sudah muraja’ah di waktu maghrib, serta tetap mengambil snack dan minumannya sendiri di ruang makan.

Bagi teman-teman yang ingin mengunduhnya bisa masuk ke link ini. Format file dalam bentuk PDF.

Jika menilik dari jadwal yang saya buat, mungkin ada sebagian teman-teman yang merasa, kok jadwalnya padat banget? Atau, kok jadwalnya kayak anak SD? Atau yang semisal dengan itu. Hehehe, kebetulan memang saya lebih mudah membaginya dengan cara seperti ini. Jadwal ini mengacu pada materi dan RKM yang sudah saya susun sebelumnya.

Dan pada prakteknya, jadwal ini tidak berurutan. Biasanya saya sudah punya folder yang sudah saya siapkan untuk hari itu. Saya tunjukkan pada Fafa, lalu saya beri ia kesempatan untuk memilih mana yang ingin ia kerjakan lebih dahulu. Jangan dibayangkan penjadwalan ini sama seperti jadwal belajar di dalam kelas ya. Ini untuk anak usia dini lho…

Jadi misalnya, untuk hari Senin jadwalnya adalah : Arabic, Menggambar, Worksheet, Sains, Fisik/Motorik, dan Keaksaraan.

Nah, untuk Arabic kami belajar kosakata baru dalam bahasa Arab. Biasanya maksimal hanya 10 menit sekali sesi. Kadang saya menggunakan flashcard, kadang langsung melihat bendanya. Kemudian untuk menggambar, itu bebas. Fafa kebetulan sedang suka menggambar, jadi biasanya dia sudah langsung berinisiatif sendiri. Untuk sains, kami biasa melakukan percobaan-percobaan kecil dengan alat dan bahan yang ada di rumah. Terkadang bila kami sedang malas berkutat dengan percobaan, kami membaca buku sambil mencari referensi baru untuk kegiatan sains berikutnya.

Begitulah kira-kira garis besarnya. Kegiatan kami juga tidak berbatas waktu ya. Terkadang, untuk satu materi atau kegiatan, Fafa bisa menghabiskan waktu lebih banyak dari yang lainnya karena dia enjoy. Pernah beberapa kali waktu, kami menghabiskan waktu hampir 2 jam hanya untuk keaksaraan, yaitu baca tulis. Dan itu dia sangat enjoy, tanpa paksaan, malahan saya yang “terpaksa” dan bosan setengah mati menemaninya membaca dan menulis. Hehehe.

Referensi lain untuk variasi jadwal, teman-teman bisa mampir ke blog Rumah Inspirasi di link berikut : http://rumahinspirasi.com/duta-belajar-menilai-diri-sendiri-download-jadwal-agustus-2014-gratis/

Selamat menikmati pendidikan rumah !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *