AMANKAH BERHUBUNGAN INTIM SAAT HAMIL?

mesra-saat-hamil

Anda mungkin akan menemukan banyak informasi yang mengulas tentang “seks untuk mendapatkan kehamilan”. Tapi, masih sangat jarang informasi yang membahas masalah seks pada saat hamil. Mengapa? Karena dalam budaya kita, ada kecenderungan untuk tidak melakukan hubungan intim pada saat hamil. Orang-orang tua pun sering kali mengatakan “tidak boleh” melakukan hubungan intim saat hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

Benarkah begitu?

Pada dasarnya, melakukan hubungan seksual pada saat Anda hamil itu boleh-boleh saja. Suami Anda tidak perlu “libur” panjang saat Anda sedang hamil. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda dan pasangan Anda pahami tentang masalah ini.

Selama kehamilan Anda “normal”, Anda masih boleh melakukan aktivitas berhubungan intim seperti biasa. Normal dalam arti kata, Anda tidak mengalami komplikasi pada saat hamil. Untuk itu, perlu saran dokter atau bidan untuk membantu Anda menentukan apakah Anda “aman” untuk tetap melakukan hubungan seperti biasa atau tidak.

Biasanya, pada trimester pertama, wanita hamil akan kehilangan gairahnya dalam melakukan hubungan intim. Ini disebabkan karena rasa mual berlebih yang mereka alami selama awal-awal kehamilan. Selain itu, mereka juga mengalami rasa nyeri pada payudara, mudah lelah, dan sering buang air kecil, sehingga tidak nyaman. Menginjak bulan ketiga atau masuk ke trimester kedua, beberapa wanita justru mengaku bahwa mereka lebih memiliki gairah untuk melakukan hubungan. Dan pada trimester terakhir, gairah ini menurun kembali, karena biasanya wanita merasa tidak nyaman melakukan hubungan intim dengan kondisi perut mereka yang mulai membesar.

Untuk itulah, penting bagi Anda untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan. Agar keharmonisan Anda berdua tidak terganggu karena kehamilan Anda. Bicarakan posisi-posisi dimana Anda merasa nyaman saat berhubungan, atau cara-cara lain untuk membantunya memenuhi kebutuhannya. Komunikasi yang baik antara Anda dengan pasangan akan membuat Anda dan si dia lebih merasa nyaman tanpa ada salah satu yang merasa terabaikan.

Ada 2 hal dimana seks menjadi tidak aman bagi wanita hamil:

1. Oral seks. Hembusan udara yang masuk ke organ intim wanita dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, yang mana ini dapat berakibat fatal bagi ibu dan anak.

2. Kandungan lemah. Biasanya terjadi di awal-awal kehamilan. Jika Anda sering menjumpai flek-flek saat Anda terlalu lelah atau kondisi drop, sebaiknya tunda hubungan intim terlebih dahulu sampai Anda merasa cukup kuat.

Apakah seks membahayakan janin atau mengakibatkan keguguran?

Tidak, tidak secara langsung. Janin Anda terlindungi oleh lapisan ketuban dan otot-otot rahim yang sangat kuat. Ada pula lendir yang menutup leher rahim dan membantu mencegah infeksi pada saat penis masuk untuk penetrasi. Jadi, selama berhubungan, penis tidak menyentuh janin Anda secara langsung.

Sedangkan pada saat orgasme, kontraksi yang Anda dapatkan berbeda dengan kontraksi karena kerja rahim (hendak melahirkan). Tapi, tidak ada salahnya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter atau bidan agar lebih aman.

Namun, biasanya, pada minggu-minggu terakhir, dokter biasanya menyarankan pada ibu hamil untuk berhenti melakukan hubungan intim atau coitus. Mengapa? Karena sperma memiliki kandungan kimiawi yang dapat memicu dan merangsang kontraksi.

Nah, intinya, melakukan hubungan seksual atau hubungan intim saat hamil itu boleh. Namun, jika Anda mengalami gejala-gejala yang tidak wajar seperti nyeri yang terus menerus, pendarahan, atau kontraksi terus menerus, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini.

Semoga bermanfaat.

Note : tulisan ini dibuat bukan untuk tujuan pornografi atau melegalkan perzinahan. Ini hanyalah sebagai sumber informasi dan sarana berbagi ilmu bagi yang sudah menikah atau hendak menikah (sebentar lagi menikah). Di luar itu, kami tidak bertanggungjawab atas penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Terimakasih.

72 comments

    • bunda says:

      dear ibu Murdia, terimakasih atas kunjungan Anda di Rumah Bunda. menjawab pertanyaan Anda, sebenarnya itu tergantung dengan kondisi kehamilan Anda sendiri. konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda dengan dokter atau bidan. jika baik2 saja, biasanya dokter atau bidan malah menyuruh untuk sering berhubungan pada minggu-minggu terakhir kehamilan Anda.

    • bunda says:

      sebaiknya konsultasi langsung ke dokter atau bidan. sebab harus disesuaikan dengan kondisi kehamilan itu sendiri. terimakasih.

    • bunda says:

      jika sejauh ini kehamilan Anda baik-baik saja, insya Allah tidak mengapa, mbak Rina. terimakasih.

  1. fian says:

    sebelumnya terima kasih utk share-nya & saya rasa ini sangat bermanfaat utk saya yg baru sekitar 2 hari ini test pack & Alhamdulillah menunjukkan positif hamil meskipun masih agak samar. Saya ingn bertanya, apakah untuk kehamilan muda ( 5 minggu ) jika melakukan hubungan suami istri itu benar2 aman? karena saya masih awam dengan ilmu2 tsb. Mohon bantuan & informasinya ya…
    Terima kasih #fian

    • bunda says:

      seperti yg telah saya tulis dalam artikel di atas, mbak Fian. selama tidak ada keluhan dan kondisi kehamilan Anda normal, insya Allah tidak mengapa. tapi saya sarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada bidan atau dokter ahli. terimakasih.

  2. ririn says:

    saya mau tanya bun…, saya pernah merasakan sakit dibagian bawah perut, ketika ke bidan, itu keram perut, dan saya tidak diperbolehkan berhubungan intim selama beberapa hari, setelah sembuh barulah saya berhubungan intim kembali, kira2 penyakit keram perut itu bisa kembali lagi tdk ya apabila sy sering berhubungan???

    • bunda says:

      penyebab kram perut sendiri bermacam-macam ya mba….jadi harus dicari tahu dulu penyebabnya apa. bisa jadi stress, salah makan, atau orgasme. nah, jika salah satu penyebabnya itu orgasme, maka sebaiknya dijadwal saja hubungannya. saran saya, perbanyak olahraga, terutama latihan untuk otot perut. insya Allah jika rajin berolah raga, boleh-boleh saja sering berhubungan intim.

  3. oki says:

    Salam, saya ingin bertanya, apakah aman saat berhubungan dgn istri suami mengeluarkan sperma di dalam vagina istri. Smoga dapat memberikan penjelasan. Terimakasih salam.

    • bunda says:

      mba Oki, terimakasih sebelumnya sudah berkunjunng di portal Rumah Bunda…
      Dalam keadaan normal, insya Allah boleh..

  4. Aprex says:

    Bun Saya mau tanya,, saat ini istri saya hamil menginjak 4 bln,, apakah saya bisa melakukan Hubunga Intim,?? Sebelumnya terima kasih.

    • bunda says:

      dalam keadaan normal/tidak ada komplikasi dalam kehamilannya, insya Allah boleh. karena itu sebaiknya dibicarakan dulu berdua dengan istri Anda, dan kemudian konsultasikan ke dokter atau bidan jika istri Anda merasakan ketidaknyamanan dalam kehamilannya. terimakasih.

  5. choirul says:

    maaf bun sbelumnya???
    sya mau tanya??
    pda hmil 7 – 8 blan apa bleh sya berhub intim??
    apa saat itu yang bahayanya?

    • bunda says:

      dalam kondisi kehamilan normal, masih boleh. akan tetapi, bicarakan dulu dengan istri Anda, dan kemudian konsultasikan ke dokter.
      beberapa dokter sendiri berbeda pendapat. ada yg menyarankan pada usia ini lebih baik tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu, karena dikhawatirkan terjadi kontraksi dini. namun ada pula yg menyarankan pada hari-hari mendekati masa persalinan (HPL), bagus untuk pasutri melakukan hubungan intim, untuk membantu mempercepat kontraksi dan proses persalinan. nah, lebih lengkapnya, jangan malu-malu untuk bertanya kepada dokter ahli, ya!

  6. Rita says:

    malam bun saya mw tanya apakah salah saya melakukan hub intim 2 smpi 3 x semalam ?
    sedangkan usia kandungan saya sudah 6 bulan ,pada usia 2 bulan kemarin saya mengeluarkan flek ..
    sekian .
    thank’s

    • bunda says:

      mbak Rita, dalam keadaan normal sebenarnya itu tidak masalah. akan tetapi, kontraksi yg terlalu sering juga kurang baik untuk ibu hamil. untuk flek, itu bisa saja terjadi jika Anda kelelahan, atau menurut beberapa dokter, flek bisa saja karena nidasi, yaitu proses tertanamnya sel telur yg sudah dibuahi ke dinding rahim. demikian ya.

  7. Wina says:

    Mlem.,sya mau tanya,apakah boleh melakukan hbugan intim pd saat usia kandungan 5 minggu,dan apkah brbahaya untuk janinnya?.trimkash

    • bunda says:

      senada dengan jawaban saya sebelumnya ya mba….jika kondisi kandungannya normal, insya Allah tidak mengapa. dan untuk mengetahui itu, silakan konsultasikan ke dokter atau bidan. terimakasih atas kunjungannya ya…

    • bunda says:

      senada dengan jawaban saya sebelumnya y….jika kondisi kandungannya normal, insya Allah tidak mengapa. dan untuk mengetahui itu, silakan konsultasikan ke dokter atau bidan. terimakasih atas kunjungannya ya…

  8. aina says:

    mv bun, sya mau nanya knapa sehabis hubngan intim, di bawa perut saya merasakan perih. . . apakah berbhaya apa gah.
    mkasih…

  9. iffah says:

    salam bun, saya mau tanya..sekarang kehamilan saya memasuki usia 6 bulan… tp sejak memasuki usia 3 bulan, saat hubungan intim vagina saya tersa panas n nyeri..rasa panas itu berlanjut setelh hubungan intim..
    apa yach penyebabnya bun, n apa itu aman untuk janin saya..selama ini kehamilan saya normal saja..makasih bun..

  10. dina says:

    bun..usia kandungan saya hampir 3 bulan..saya mau tanya posisi yang baik saat berhubungan itu gimana klo hamil 3 bln ??? yang tidak berbahaya bagi janin.thx jwbnya

    • bunda says:

      dalam keadaan normal, boleh. karena itu konsultasikan dulu dengan dokter/bidan. untuk bahaya/tidaknya untuk janin, perlu Anda ketahui bahwa janin Anda terlindungi oleh lapisan ketuban dan otot-otot rahim yang sangat kuat. Ada pula lendir yang menutup leher rahim dan membantu mencegah infeksi pada saat penis masuk untuk penetrasi. Jadi, selama berhubungan, penis tidak menyentuh janin Anda secara langsung.

  11. juwita says:

    bun sya msi blum tes ap sya hamil tdk tp sya sdh telat dtng bulnnya jika saya ttap berhubungan ap tidak bahaya??tolong dibantu sarannya soalnya saya baru menikah terimakasih

    • bunda says:

      saya sarankan untuk tes dulu mba Juwita. jika sudah ketahuan positif dan negatifnya, insya Allah akan lebih aman dan nyaman.

  12. Mayang says:

    Hi bunda,

    Saya ingin brtanya, saat ini kandungan saya menginjak 8bln. Saat berhubungan intim saya merasakan perih dan sakit pd mrs. V.. Rasanya mrs. V seperti menyempit sehingga sangat tdk nyaman saat berhubungan. Apakah ini normal? Mohon jawabannya. Terimakasih.

    • bunda says:

      biasanya rasa perih dan sakit itu dikarenakan berkurangnya cairan pelumas pada miss v. saran saya, silakan konsultasikan lebih lanjut kepada dokter ahli atau bidan Anda.

  13. ana says:

    Bunda,saya mau bertanya.saya baru beberapa hari kaluar dari rumah sakit dikarenakan pendarahaN.umur kandungan saya baru 6 minggu.sekarang flek2 atau darah ngga ada keluar lagi. Apakah saya tetap boleh berhubungan?
    Terima kasih.

    • bunda says:

      silakan konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan Anda untuk lebih amannya. terimakasih.

  14. sylvia vania says:

    Asslm,,,
    Apakah aman behubungan intim saat kehamilan menginjak 8 bulan?
    Dan apakah berpengaruh dengan kesehatan bayi & ibunya ?

    trims,,
    wasslm,,

    • bunda says:

      Wa’alaikumussalam, mba Vania dan mba Rika….

      Sama seperti jawaban saya yg sebelumnya, secara umum berhubungan intim saat hamil itu tidak apa-apa selama kehamilan normal. akan tetapi, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda ya. terimakasih.

  15. rika says:

    Bunda,sy mau tanya..2 hari yang lalu saya berhubungan dengan suami,tp sekarang kok saya flek kecoklatan gitu..kehamilan sy menginjak usia 7 bulan…dan saya tdk merasakan mules…mhn masukannya ya bun..terima kasih..

  16. Aris says:

    Bun maaf ni kalau kt hub ma istri saat hamil 2 bln trs keluar darahnya tuch gmn bun, kt sdh periksa dokter dan dokter bilang ga papa serta diksh obt penguat..tp akhirnya saya jd takut bun..mhn sarannya..trims

  17. rosliantika says:

    Bun,saya sedang hamil menginjak 7 bulan..tp suami saya sudah tidak mau melakukan hubungan intim alesannya ngga tega liat perut buncit saya,apakah itu wajar?

    • bunda says:

      terkadang hal itu biasa terjadi pada laki-laki, mba. tidak perlu terlalu kuatir, tapi tetap hangatkan rumah tangga Anda dengan romantisme yg lain. atau, ajaklah suami Anda untuk membicarakan masalah ini dengan saling terbuka agar Anda merasa lebih lega, dan suami Anda dapat mengurangi rasa kuatirnya.

  18. Yani says:

    Bun,sy hamil 3bulan tp suami sering minta brhubungn intim pdhl sy saat itu kondisi krg bgs cpt lelah & sk demam jk trlalu lelah,
    saat keluarny pun sukany didalam shg sk trjd flek kcoklatn yg kental n klwrny pun dsertai kram perut tp tdk trlalu skt sh,ap it tndany rahim sy lemah atw tnda2 kgugurn?lalu sy harus bgmn bun maklum khamiln prtma.tlg saran n nasihatny y bun.mksh

  19. euis says:

    bun saya pernah mengalami keguguran di usia 3 bulan dan skr sy hamil lg,apa boleh melakukan hubungan psutri? karn usia kndungan sy skr sdh menginjak 3 bulan.

  20. Niken Oktaviani says:

    Ass Bunda,,
    Maaf saya ingin tanya apakah bole sy berhubungan intim sehari 2x dlm sehari dan besok nya saya melakukan berhubungan intim kembali…tp ketika saya berhubungan sex calon baby saya terus bergerak,apa kondisi calon baby saya tidak apa bun dan kehamilan usia saya 6 bulan..mohon penjelasannya dan trimakasih bunda

  21. Heri says:

    Istri saya hamil sudah 7 minggu,melakukan hubungan intim,,katany itu kandungan blum,saya takut.gmn bunda solosinya.

  22. rifai says:

    asw.. Maf ya bun sblumnya. sya mau tnya istri sya kn udah 2x dlm stahun ngalamin keguguran,trus skarang dah 4 thn bru isi lgi kra2 gmana ya cra menjga kndngn nya biar ga kluar lg. Makash ya bun wass..

  23. tri s says:

    ass. bunda, mau tanya : apa sebabnya istri saya sakit di bawah perut, sekarang sudah 7 bln trims

  24. nini.silvia says:

    bun.saya lagi hamil 4 bulan apakah boleh saya melakukan hubungan intim di usia kandungan saya sekarang aman atau tidak ya bun.??ya meman saya sering mengalami flek dan dokter menyarankan untuk betres total apakah saya masih tetap boleh berhubungan dengan swami saya..???

  25. wiryo says:

    anak saya kurang mengerti dan kurang bisa nangkap apa di akibatkan karena waktu hamil kami tidak berhubungan lantaran saya tggal merantau tolong di jelaskan.
    terimakasih

  26. azizah says:

    saya hamil 3 bulan.setelah melakukan hubungan,keluar bercak coklat campur darah selama 3 hari.berikutnya keluar darah seperti haid biasa disertai gumpalan mengental.tapi saya sama sekali tidak merasakan sakit/nyeri atau keluhan apapun.apakah kandungan saya masih aman?

  27. Yanti says:

    Bun, saya mau tany, usia kandungan saya kan dah 7 blan, setelah berhubugan mengeluarkan drah, trus di bawah perut sering sakit, dan jga perut kenceng benerr, tetpi bayi di dlam kandung saya aktif bener, pendpn bunda bahay ga bun buat ibu and bayi ya?? Makasih

  28. coy says:

    asslm,,wrb ‘bun aq mau nanya ‘istriq hamil ‘hampir 9bulan ‘tp ko ‘kputihan kluar trus yaa,,tolong ‘saran nya buun ‘thk,s

  29. Moon says:

    Bun,aku punya riwayat keguguran 2x,hamil 2 bln dan 3 bln.itu terjadi 3 thn lalu.sekarang,setelah lama menanti,aku hamil 25 bln.tapi,aku dan suami takut berhbungan selama positif hamil.kata dokter,aman2 aja.cuman skrg jadi trauma.gimana dong,bun…..

  30. Linda says:

    Bunda, saya tgl 22 september bru mens saja dan tgl 27 sdh habis dan saya melakukan hubungan dgn suami pd tgl 29 setelah itu perut bagian bwh terasa sedikit kram dan nyeri sampai skr. Apa itu artinya sedang terjadi pembuahan? Thx sebelumnya

  31. arfa says:

    Malam bunda apa di usia kehamilan 3 bulan boleh melakukan hubungan intim? Istri saya saat ini mengandung di usia 3 bulan, Lalu istri saya sehabis berhubungan kenapa perutnya terasa perih mohon apa itu pengaruh terhadap janinnya? Terima kasih sebelumnya bunda.

    • bunda says:

      sama seperti jawaban saya sebelumnya, mas Arfa. selama kehamilan normal dan tidak ada keluhan apapun, insya Allah boleh. karena itu selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. terimakasih.

  32. Iqbal says:

    Bunda… tlg cepet ya di blznya. soalnya urgent nih….
    ini hamil yg pertama buat istri ku. waktu di USG kehamilan sudah memasuki bulan ke empat. nah… yg saya pertnyakan. boleh ga sperma dikeluarin didlm saat hamil usia segitu?

    • bunda says:

      sama seperti jawaban saya sebelumnya, mas Iqbal. selama kehamilan normal dan tidak ada keluhan apapun, insya Allah boleh. karena itu selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. tidak perlu ragu untuk menanyakannya.
      terimakasih.

  33. iccank says:

    Assalamu Alaikum dok. mo nanya apakah biasa terjadi ato kluar flek hitam divagina saat hamil muda> thanks

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam. wah, maaf, saya bukan dokter. hanya seorang pembelajar yg ingin selalu berbagi saja. silakan konsultasikan detail keluhan Anda kepada dokter atau bidan. terimakasih.

  34. anto says:

    bun mau nanya nich? istri saya usia kehamilan 7 jalan 8 bulan,yang saya mau tanyakan bahaya tidak kalau hubungan intim, kalau menurut dokter kandungannya normal?tolong jelaskan terima kasih

  35. ilul says:

    bund aq mau tnya bru td pgi istriku tes kehamilan pke tespec dan trnyata alhamdulillah positif tp aq blum konsultasi ke dokte atou bidan,nah klo saya melakukan pasutri bleh ndak soale ini yg prtma and aq msh awam blum thu apa2, sya tnggu jwaban nya bunda…

    • bunda says:

      kalau begitu, silakan konsulatsikan dulu untuk mengetahui kondisi istri Anda, sekaligus bertanya lebih detail tentang kapan Anda dan istri boleh berhubungan intim saat istri Anda hamil. oke?

  36. nezha says:

    Bunda saya mau tanya wkt awal k
    hmilan sy.sy tdk brhbngan sampai bln ke 2 hanya sesekali.wkt mengnjak bulan ke 3 tiba2 keluar flek hitam sampai brlangsung slma 5 hari stelah itu mulai keluar darah merah segar seperti haid dan puncakny pd hari ke 11 keluar gumpalan merah mirip hati pda hari ke 15 yg keluar hny flek2 htam sja.
    Sbnrnya itu infeksi rahim sponting atau keguguran.sampai skrg sy tkt untk periksa kedokter?
    Apa yg hrs sy lakukan bun.mhon jwbn blsanny.

    • bunda says:

      mba nezha, saya sarankan Anda untuk pergi ke dokter. bagaimana pun, masalah kandungan adalah masalah yg sangat rentan. secara normal, boleh-boleh saja berhubungan intim saat hamil. akan tetapi, bila Anda menjumpai masalah dalam kehamilan Anda, maka segeralah pergi ke dokter. karena hanya dokter yg dapat memberikan diagnosa kepada Anda.

  37. evha says:

    bunda kalau berhubungan intim pada usia kandungan 7 bulan dan sperma laki2 itu masuk,,apkah berbahaya untuk bayi ??

Comments are closed.