Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

BIASAKAN HIDUP SEHAT SEJAK DINI

Bunda, tahukah Anda, bahwa si kecil Anda adalah seorang peniru yang sangat baik?

Faktanya, hampir setiap anak selalu meniru apa yang sering atau biasa dilakukan oleh oranglain, dan tentunya yang paling sering mereka tiru adalah orangtua mereka.

Anak-anak senang mencontoh, meniru, apa yang biasa mereka lihat dari keseharian orang-orang di sekitar mereka. Karena itu, sebaiknya orangtua senantiasa memberikan contoh dan teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Agar apa yang mereka tiru adalah kebiasaan yang baik. Begitu juga dalam masalah kesehatan.

Agar anak-anak terbiasa hidup sehat sejak kecil, maka Anda patut memberikan teladan bagi mereka. Misalnya,

  1. Mencontohkan anak untuk berolahraga ringan setiap pagi. Misalnya senam, lari pagi, atau bersepeda. Anda bisa mengajaknya ikut serta bersepeda atau berjalan-jalan pagi dengan si kecil, sambil mencari sarapan pagi misalnya.
  2. Membiasakan membereskan kamar, seperti menata bantal, merapikan seprei, melipat selimut, serta membuang sampah pada tempatnya. Anda dapat juga menyediakan sapu kecil atau kemoceng yang bisa digunakan si kecil dengan mudah untuk membersihkan debu.
  3. Mencontohkan anak-anak untuk makan secara teratur 3 kali sehari. Anak-anak yang susah makan bisa jadi karena sering melihat orangtua mereka makan tidak teratur.
  4. Membiasakan anak untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya, senantiasa menyediakan buah-buahan, sayur mayur, juga susu. Anda tidak bisa memaksa anak untuk mau makan sayur dan minum susu jika Anda sendiri tidak suka makan sayur dan minum susu.
  5. Tidak terlalu sering mengajak atau membelikan anak jajanan yang mengandung pengawet, pewarna, atau MSG. Anda bisa saja berkreasi dengan mengajak anak membuat kue atau penganan lain yang Anda dapat menjamin keamanan dan kesehatannya.
  6. Mencontohkan anak untuk mau mandi 2 kali sehari setiap pagi dan sore.
  7. Mencontohkan anak untuk menggosok gigi setiap kali habis makan dan sebelum tidur.

Nah, mudah kan? Yuk kita ajari anak untuk membiasakan hidup sehat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *