CARA SEHAT MENCEGAH BAU MULUT

“Yah, cantik-cantik kok mulutnya bau pete….”

“Ampun deh, tampang ganteng tapi mulutnya kayak juragan duren…”

Anda mungkin sering melihat iklan komersial di televisi untuk produk permen penyegar mulut dan nafas. Dalam iklan tersebut ditekankan bahwa akan percuma saja wajah cantik atau tampan, bila bau mulut dan nafasnya tidak enak sampai membuat orang di sekitarnya pingsan.

Ya, kenyataannya memang demikian. Wajah cantik atau tampan, belum dapat menunjang 100 % dari kepercayaan diri kita. Apalagi jika kita memiliki pekerjaan yang mengharuskan kita untuk sering-sering berdiskusi atau berbicara langsung dengan orang lain. Tentu tidak nyaman bila menyadari bahwa mulut dan nafas kita berbau tak sedap. Duh, tak terbayang malunya. Bahkan saat bersama pasangan pun, yang boleh dikatakan orang yang paling dekat dengan kita, sering kali bau mulut menjadi kendala yang cukup menganggu.

Nah, bau mulut ini sering juga disebut dengan halitosis, yaitu suatu kedaan dimana mulut kita menimbulkan bau atau aroma yang tidak sedap.

Apa penyebab bau mulut tak sedap? 

Sama halnya dengan bau ketiak atau bau kaki, bau mulut pun disebabkan karena adanya bakteri, dan bakteri ini banyak hidup di bagian belakang lidah. Bahkan bila kita sering-sering menggosok gigi pun, bakteri itu tetap saja ada. Selain itu, kondisi pencernaan kita yang tidak sehat juga dapat menyebabkan bau mulut. Hal itu dikarenakan adanya dominasi bakteri jahat terhadap bakteri baik, sehingga makanan yang kita makan tidak dapat dicerna dengan baik dan membuat kondisi lambung menjadi asam. Nah, gas yang ditimbulkan karena kondisi asam itulah yang membuat nafas kita menjadi bau.

Faktor makanan juga dapat menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Misalnya, banyak konsumsi makanan dan minuman yang beraroma tajam/kuat/keras seperti jengkol, petai, kopi, teh hitam, bawang, durian, dan minuman keras. Terlalu sering makan yang manis-manis juga dapat memicu pertumbuhan bakteri lebih cepat, karena makanan manis sangat disukai bakteri.

Bagaimana mencegah bau mulut tak sedap?

  • Terapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Kurangi camilan manis-manis, ganti dengan sayur dan buah.
  • Minum air putih 8 gelas setiap hari.
  • Kurangi / jangan terlalu sering makan makanan yang berbau tajam atau keras, seperti petai, jengkol, bawang, kopi, dll.
  • Makan makanan yang dapat menghilangkan bau mulut tak sedap, misalnya jahe, kunyit, permen mint.
  • Gosok gigi secara rutin, dan jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah. Boleh juga selalu membekali diri dengan obat kumur atau penyegar nafas yang praktis untuk membersihkan mulut bila Anda harus makan di luar rumah.
  • Berhenti merokok dan minum-minuman keras.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *