HIDUP SEHAT TANPA MAAG

Maag atau radang lambung adalah salah satu penyakit yang paling sering melanda kita. Sering kali maag datang karena disebabkan pola makan yang kurang teratur, stress, pola tidur berantakan, dsb. Ya, apapun makanan dan minuman (termasuk alkohol dan obat-obatan) yang kita konsumsi, atau seberapa rutin kita berolahraga, atau hal apa saja yang membuat kita stress, itu sangat berpengaruh pada lambung.

Siapapun bisa terkena penyakit maag. Dimana maag yang kronis bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, Anda yang memiliki pola makan tidak teratur dan pola hidup yang juga tidak teratur harus waspada akan penyakit ini.

Maag biasanya ditandai dengan rasa mual, ingin muntah, nyeri dan perih di bagian lambung, sering bersendawa, dsb.

Nah, bagaimana agar kita dapat hidup lebih sehat tanpa maag? Berikut tips-nya :

  1. Banyak minum air putih, sebab air membantu mengolah nutrisi makanan yang kita makan dan membantu proses pembuangannya.
  2. Atur pola makan, karena penyebab utama maag datang adalah pola makan yang berantakan atau seringnya telat makan.
  3. Banyak makan makanan yang mengandung serat, misalnya sayur dan buah. Bahkan jika kita malas makan nasi pun, cobalah untuk makan sayur atau buah saja.
  4. Kurangi camilan yang berminyak dan berlemak, ganti camilan dengan buah segar.
  5. Olahraga yang teratur. Tubuh kita membutuhkan gerak yang seimbang. Terlalu banyak duduk, tidak baik. Terlalu banyak tidur, juga tidak baik. Buatlah jadwal di hari dan waktu tertentu untuk meluangkan waktu Anda berolah raga.
  6. Berhenti merokok, dan hindari rokok.
  7. Jangan diet kebablasan. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Tapi, diet hanya membantu kita untuk lebih mengontrol pola dan nafsu makan.
  8. Jaga hati dan pikiran untuk tetap positif dan fresh, agar tidak mudah stress. Hadapi setiap permasalahan dengan kepala dingin, dan tidak terburu-buru.

Hidup sehat itu mudah, dan murah meriah, jika kita mau tahu. Jika tubuh kita diibaratkan sebuah mesin, maka kita harus menggunakan mesin tersebut sesuai dengan aturannya. Begitupun dengan tubuh kita, secara alami tubuh kita memiliki aturan-aturannya sendiri. Jangan sampai tubuh kita “rusak” karena kita lalai menjaga kesehatannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *