KHASIAT CENGKEH UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tak kenal cengkeh? Cengkeh atau dalam bahasa latinnya Syzgium aromaticum termasuk tanaman rempah- rempah asli Indonesia yang berasal dari kepulauan Maluku. Kemudian tanaman ini menyebar ke berbagai negara seperti China dan India.

Tanaman cengkeh memiliki batang kayu yang keras dan beranting banyak. Daunnya hijau berbentuk bulat memanjang dan pada ujung ranting daunnya tumbuh bunga yang bertandan. Bunga muda berwarna ungu, dan setelah tua menjadi merah muda.

Di Indonesia, ada 3 jenis cengkeh dengan ciri khas tertentu :

  1. Cengkeh putih : Daunnya berwarna kuning kehijauan, lebar, dan kurang rimbun. Bunganya berwarna kuning dengan ukuran besar dan banyak pada setiap rumpun.
  2. Cengkeh kotak : Daunnya berwarna hijau tua, helaian daunnya lebih mengkilap dan lebih kecil daripada cengkeh putih. Percabangan daunnya rindang dengan bunga berwarna kuning agak kemerahan.
  3. Cengkeh Zan Zibar : Daunnya berbentuk panjang dan ramping dengan warna hijau gelap. Pangkal daunnya lebih kecil dan kuncup daun yang muda berwarna lebih merah dan bila sudah tua bentuknya bulat memanjang.

Cengkeh mengandung minyak atsiri juga mengandung senyawa eugenol, asam aolenolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin dan gom. Selain untuk menambah aroma dan kesedapan masakan dan kue-kue, cengkeh juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan

  • Menghangatkan tubuh
  • Mengobati sakit gigi
  • Menghilangkan bau mulut
  • Mengobati sakit kepala, batuk dan masuk angin
  • Mengobati rematik dan pegal linu
  • Mengatasi gangguan pencernaan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *