MANFAAT DI BALIK SEGARNYA KELAPA

Kelapa atau Cocos nucifera adalah tumbuhan dari suku aren-arenan. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang dihasilkan oleh tumbuhan ini. Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal tumbuhan kelapa ini, karena kelapa sangat identik dengan berbagai olahan makanan. 

Kelapa biasanya tumbuh di pantai dan pohonnya bisa mencapai 30 meter, dapat tumbuh dengan ketinggian 1000 meter dpl. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia, dan menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Di Jawa, buah kelapa terkenal dengan nama krambil dan klopo

Ciri-ciri tumbuhan kelapa:

Bagian tanaman Ciri khas tanaman
Akar Serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol
Batang Tunggal kadang ada yang bercabang, beruas-ruas, tipe tipe monokotil dengan pembuluh menyebar, berkayu
Daun Tunggal dengan pertulangan menyirip
Bunga Tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea, terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu
Buah Besar, berwarna kuning, hijau atau coklat. Buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang bersabut, melindungi bagian yang keras / batok dan kedap air.

Daging buah kelapa muda berwarna putih dan lunak serta biasanya disajikan sebagai es kelapa atau es degan. Di dalam buahnya, terdapat cairan yang mengisi buah. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan memberikan efek segar. Ada beberapa kelapa yang bermutasi hingga dagingnya tidak melekat pada batok, melainkan tercampur dengan air atau disebut juga kelapa kopyor. Cairan pada buah kelapa pun sering dijadikan semacam jeli atau terkenal dengan nata de coco.

Air kelapa selain bisa memberikan rasa segar ketika kita meminumnya, ternyata banyak manfaat lain yang terkandung dalam kelapa untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah itu?

  • Dapat membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih
  • Dapat mengatasi dehidrasi yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan dan dapat membantu membuang toksin dari dalam tubuh
  • Dapat membantu menjaga kelembapan kulit
  • Baik untuk dijadikan sebagai minuman dalam program diet anda. Karena air keapa rendah kalori lemak. Air ini juga aman untuk diminum leh penderita diabetes, jantung, karena mengandung kadar gula yang rendah.

Di bawah ini beberapa contoh pengobatan dengan buah kelapa :

  1. Demam berdarah. Caranya, gunakan campuran air kelapa muda dan perasan jeruk nipis, garam secukupnya, dan madu secukupnya diaduk sampai rata. Minum 3 kali sehari 1 gelas.
  2. Mengurangi sakit pada haid. Caranya, 1 gelas air kelapa hijau, 1 potong gula aren, keduanya dicampur lalu diaduk, setelah itu minum .
  3. Mengatasi ketombe. Caranya, ambil ½ butir kelapa tua, parut diambi santannya, ¼ nanas segar, 1 butir jeruk nipis dan 1 ½ gelas air kelapa, semua bahan dicampur. Campuran tersebut untuk kramas 2 hari sekali.

Selamat mencoba !

 

Sumber : wikipedia.org

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *