Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

MANFAAT GINSENG

Akar ginseng (Panax)adalah salah satu tanaman obat yang paling terkenal dan paling populer dalam dunia pengobatan tradisional, terutama pengobatan China. Kata “ginseng” diambil dari bahasa Inggris yang mengikuti lafal penulisannya dalam bahasa Kanton, yaitu jen shen. Dalam bahasa Mandarin disebut ren shen yang berarti duplikat manusia, karena memang akar ginseng ini sering menyerupai bentuk manusia.

Ginseng banyak tumbuh di dataran Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Dan manfaat tanaman ini banyak sekali. Untuk mengetahui manfaatnya secara lebih terperinci, kita juga perlu mengetahui setiap jenis varietasnya.

Ginseng China

Ginseng yang paling terkenal adalah ginseng China atau yang sering disebut ren shen. Ginseng ini sangat baik untuk menambah energi, stimulan, memperbaiki metabolisme tubuh, serta baik untuk menambah daya tahan. Biasanya para atlet olahraga berat sering memanfaatkan ginseng China ini untuk ketahanan tubuh mereka.

Ginseng China juga sangat dianjurkan untuk orang yang sering mengalami kelelahan kronis, kelebihan berat badan, dan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Menurut prinsip-prinsip pengobatan China tradisional, ginseng China juga meningkatkan volume darah, dan sehingga dapat digunakan untuk mengobati anemia.

Ginseng Amerika

Ginseng Amerika bermanfaat untuk regenerasi sel kulit dan meremajakan. Memiliki sifat anti-inflammatory, yang dapat membantu mengurangi hot flashes dan keringat malam. Karena dingin dan menyegarkan tubuh, dapat membantu sebagai obat menopause dan mengurangi gejala penyakit kronis seperti AIDS dan diabetes.

Dang Shen

Ginseng jenis ini sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Dang shen bekerja dengan meningkatkan metabolisme dan memperbaiki pencernaan, yang membantu mengubah lemak menjadi otot. Dang Shen juga sering digunakan untuk menambah energi dan mengembalikan nafsu makan yang hilang. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ginseng jenis ini dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin.

Ginseng Siberia

Dalam pengobatan tradisional China, ginseng Siberia sering digunakan untuk membantu meringankan kondisi saraf seperti stres dan kecemasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng Siberia membantu orang lebih mudah beradaptasi terhadap stres karena kebisingan, panas dan terlalu banyak pekerjaan. Karena sifat ini, ginseng Siberia dikenal sebagai adaptogen, suatu zat yang dapat membantu orang yang lebih baik mengatasi kondisi buruk.

Tienchi – The “Miracle” Ginseng

Tienchi adalah salah satu jenis ginseng yang paling serba guna, bahkan dianggap oleh beberapa orang sebagai obat ajaib yang dapat mengurangi hampir gejala apapun. Bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menghambat penumpukan kolesterol di jantung. Selain itu, Tienchi berisi kortikosteroid alami, suatu zat yang baik mengurangi peradangan dan nyeri. Karena ini, sering digunakan untuk mengobati luka, rasa sakit dan memar. Ginseng jenis ini juga baik untuk meredakan nyeri haid, lho!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *