MANFAAT LATIHAN PERNAPASAN

Latihan pernapasan atau olahraga pernapasan adalah sebuah metode bernapas dengan cara tertentu untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja pernapasan (respirasi). Terutama memperbaiki kinerja paru-paru dalam menyerap oksigen agar lebih optimal. Sebuah studi di Amerika menyimpulkan bahwa latihan pernapasan selama tiga puluh detik sampai dengan dua menit lima kali sehari yang dilakukan secara rutin dalam waktu 12 pekan akan meningkatkan kinerja paru-paru sebanyak 10 persen.

Mengapa kita perlu melakukan latihan pernapasan ini?

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan latihan pernapasan :

1. Menstabilkan tekanan darah

Ternyata, melakukan latihan pernapasan dengan baik dan teratur dapat menstabilkan tekanan darah, yang juga berarti dapat mencegah hipertensi (darah tinggi) atau hipotensi (darah rendah). Latihan pernapasan memperbaiki kinerja respirasi, sehingga oksigen yang diambil oleh paru-paru semakin banyak, dan organ-organ peredaran darah dapat mengedarkan darah dengan kandungan oksigen yang lebih banyak pula.

2. Membuang racun (toxin) dalam tubuh

Secara teknis, latihan pernapasan ini akan mendorong sistem ekskresi untuk bekerja mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin, keringat, feses, dsb.

3. Menghilangkan stress

Ketika Anda stress, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam, kemudian menghembuskannya kuat-kuat dalam tiga detik. Lakukan hal ini lima kali sehari. Latihan pernapasan ini dapat membuat saluran pembuluh darah menjadi lentur dan tidak mudah keras (tegang), serta distribusi oksigen dan sari-sari makanan dapat menjadi lebih lancar dan diterima oleh otak dengan baik. Efeknya, ketegangan pikiran dan emosional akan menurun. Anda pun juga dapat tidur dengan nyenyak.

4. Membakar lemak dan memperindah tubuh

Anda ingin langsing? Coba sering-sering lakukan latihan pernapasan. Saat Anda melakukan latihan pernapasan, cobalah untuk menahan napas di bawah perut (abdomen). Dalam latihan ini otot-otot perut akan mengencang dan timbunan lemak di perut akan ikut terbakar. Hasilnya, Anda akan memiliki tubuh yang lebih indah dan ramping.

Bagaimana caranya melatih pernapasan?

Mudah saja, Anda cukup duduk atau berbaring dengan tenang (punggung boleh diberi sanggahan bantal) kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung sambil dihitung sampai hitungan ketiga, tahan selama dua detik, lalu buang napas kuat selama tiga detik. Ulangi selama 30 detik lima kali sehari.

Mudah kan? Yuk, biasakan hidup sehat dengan melakukan latihan pernapasan ini setiap hari!

2 comments

Leave a Reply