MEMETIK MANFAAT SARI KURMA BAGI IBU HAMIL & MENYUSUI

Seorang sahabat saya melahirkan putri pertamanya dengan lancar, sehat, dan tanpa jahitan. Tidak terlalu sakit katanya. Wow…apa rahasianya?

Ternyata, sahabat saya itu rajin mengkonsumsi sari buah kurma dan madu ketika hamil, terutama di trimester terakhir kehamilannya. Beberapa teman lain juga merekomendasikan sari buah kurma pada saya, karena konon katanya, sari buah kurma akan memberikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Sehingga saat melahirkan menjadi mudah, bayi sehat, dan ASI berlimpah. Benarkah begitu?

Selama ini, kita hanya tahu buah kurma adalah buah khas Timur Tengah. Dan hanya bisa dijumpai pada saat bulan Ramadhan. Harganya pun relatif mahal untuk kualitas kurma yang bagus. Namun, siapa sangka, bahwa ternyata sari buah kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Kurma adalah buah yang kaya akan nutrisi. Di dalamnya terkandung karbohidrat, fiber, kalsium, kalium, vitamin B kompleks, magnesium, dan zat besi.

Pada kurma kering terdapat kandungan 70% karbohidrat, sedangkan pada kurma basah ada kandungan 60% karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Kedua jenis gula ini tidak berbahaya karena hasil olahan alami. Glukosa dan fruktosa alami ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Dan fungsinya adalah untuk menggantikan energi yang hilang. Itulah mengapa, orang berpuasa dianjurkan untuk berbuka dengan kurma terlebih dahulu. Dan bagi ibu hamil, energi dari gula yang dihasilkan, bermanfaat untuk menambah kekuatan pada saat persalinan.

Kurma juga merupakan salah satu sumber alami terbaik kalium. Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kontraksi otot termasuk otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

Kandungan kalsium dalam kurma sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, juga sangat bermanfaat untuk ketahanan tulang bagi ibu hamil itu sendiri. Kita sering kali disodori vitamin penguat tulang atau suplemen tambahan untuk kalsium oleh dokter atau bidan. Namun, kandungan kalsium dalam sari buah kurma ternyata dapat mencukupinya.

Zat besi dalam sari kurma bermanfaat untuk produksi hemoglobin dan sel darah merah. Akan sangat melindungi ibu hamil dari kekurangan sel darah merah atau anemia. Jika kebutuhan akan zat besi ini terpenuhi, maka peredaran darah akan lancar dan sari-sari makanan akan beredar dengan lancar karenanya.

Dan yang tak kalah penting, kurma mengandung suatu hormon yang sering disebut dengan hormon potuchin, yang menurut para pakar medis, hormon ini berfungsi untuk mengikat rahim dan otot rahim sehingga dapat membantu mengurangi pendarahan pasca melahirkan. Selain itu, ada hormon oksitosin yang dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot rahim sehingga mempermudah persalinan. Hormon ini juga akan membantu memacu kontraksi di pembuluh darah vena yang ada di sekitar payudara ibu, sehingga memacu kelenjar air susu untuk memproduksi ASI.

Kandungan fiber atau serat pada sari buah kurma juga merupakan yang paling besar dibandingkan buah-buahan lain. Fiber ini bermanfaat untuk memperlancar proses pembuangan, sehingga pada saat persalinan, tidak ada sisa-sisa makanan yang berbentuk tinja menumpuk di usus dan memperlambat proses persalinan.

Rasa buah kurma memang khas, yakni sangat manis dan pekat. Bagi yang tidak suka makanan terlalu manis seperti saya, mungkin akan kurang suka pada awalnya. Tapi, melihat manfaat dan kandungannya yang luar biasa banyak, hmm…sepertinya kita harus belajar untuk menyukainya.

Sari buah kurma bisa kita jumpai di toko-toko. Kita bisa mengkombinasikannya sebagai selai untuk roti, campuran susu, atau meminumnya dengan tambahan air.

Pengalaman saya, setelah saya mengkonsumsi sari buah kurma, saya menjadi tidak mudah lelah. Bahkan ketika saya harus menjalani puasa mengqadha puasa saya di saat saya hamil, saya memiliki tambahan energi dan tidak mudah lapar. Sari kurma juga membuat nafsu makan bertambah, sehingga di awal kehamilan, ada pengganti makanan hilang karena muntah.

Nah, ibu-ibu, tunggu apalagi? Semoga bermanfaat ya…

 

TESTIMONIAL :

  • “Saat menyusui Zulfa, saya jarang sekali makan sayur-sayuran karena tidak sempat memasak. Mau beli masakan di dekat kontrakan, banyak yang tidak cocok. Saya juga tidak suka jamu. Akhirnya saya masak seadanya, yang praktis saja. Tapi saya suka sekali sari kurma. Jadi saya hanya minum tambahan sari kurma dan habbatussauda (jintan hitam). Tapi ASI lancar banget, sampai netes-netes ASInya karena Zulfa suka tidur. 2 tahun full ASI tanpa susu formula. Susu formula baru saya berikan setelah lepas ASI. Zulfa juga gemuk dan jarang sakit.” (Ibu Y – Cikarang)
  • “Kalau sari kurma tidak begitu sering, tapi kalau habbatussauda (jintan hitam) bisa dibilang setiap hari saya konsumsi. ASI jadi lancar banget. Dan sepertinya rasa ASInya lebih enak sehingga anak saya menyusunya kuat sekali dan anak saya jarang sekali sakit.” (Ibu F – Jogja)
  • “Waktu hamil saya rajin minum sari kurma. Saat melahirkan sampai menyusui saya minum jintan hitam terus. Alhamdulillah, ASI lancar berlimpah.” (Ibu Qm – Jogja)
  • “Saya bisa dibilang tidak terlalu suka sari kurma dan jintan hitam. Tapi hampir semua teman-teman saya yg konsumsi sari kurma dan jintan hitam bilang bahwa ASInya lancar sekali, banyak dan berlimpah.” (UI – Jogja)

 

ANDA BUTUH SARI KURMA? 

Kini RumahBunda online shop menyediakan sari kurma untuk kebutuhan  nutrisi Anda.

Sari Kurma SAHARA : IDR 25.000 18.000

Sari Kurma Al-Jazira : IDR 25.000 18.000

SMS/TELP : 0857 1299 3002 (Senin-Jum’at pukul 9.00 s/d 16.00)

Di luar hari dan jam kerja kami tidak dapat melayani SMS atau telp. Terimakasih.

 

76 comments

  1. Pengobatan Alternatif Bunda Ukaasyaah says:

    Aslm wr wb.. ya betul kurma sangat banyak manfaatnya.. untuk ibu dan juga untuk jabang bayi.. bahkan setelah melahirkan.. saya pribadi juga suka pada sari kurma/sirup kurma.. Waslm wr wb..

    Bunda Ukaasyaah
    http://www.bunda-ukaasyaah.com/
    FB akun : Bunda Ukaasyaah
    FB grup : Pengobatan Alternatif Bunda Ukaasyaah
    Contact : 081260644467, 081260646616, 081283915859
    Alamat : Versailles Residence, Blok F6 no 29, BSD City, Serpong – Tangerang

    • bunda says:

      ibu emil, ada baiknya jika Anda ragu-ragu, Anda bertanya kepada dokter ahli atau ahli gizi Anda. jika Anda bertanya kepada saya, saya pribadi telah mengkonsumsi sari kurma ini sejak kehamilan bulan kedua. dan saya merasakan betapa besar khasiat sari kurma ini bagi saya dan janin saya. awalnya, saya tidak suka dengan rasa sari kurma yg sangat manis, tapi teman-teman, orangtua, juga teman-teman yg berbasic medis menyarankan konsumsi sari kurma.
      link yg Anda sertakan tersebut tidak salah. dan apa yg Anda baca dari tulisan saya adalah berdasarkan atas rujukan yg dapat dipertanggungjawabkan.
      karena itu, jika Anda masih meragukan, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi yang dapat Anda percaya. terimakasih.

    • bunda says:

      ibu devi, sari kurma bisa didapatkan di toko herbal di kota Anda, atau toko oleh2 haji (hanya saja harganya lebih mahal kalau di toko oleh2 haji). atau Anda bisa memesannya melalui kami. lengkapnya kami kirimkan via email. terimakasih atas kunjungannya.

  2. kyky says:

    bunda…minum sari kurmanya sampe 9 bln yach??kl mau beli sari kurma harganya brp 1 botol bunda..krn di daerah saya beli 1 botol 25,0000 itu untuk yg tidak halus, kl yang halus harganya 30,000 bunda…tlg sarannya yach..makasih..

    • bunda says:

      insya Allah bisa, mbak. bagus sekali lho. dimulai aja konsumsinya dari sekarang. terutama kalau mbak susah makan saat hamil. sari kurma membantu mmenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin. dan bisa mempermudah persalinan insya Allah. konsumsi ya….

  3. ardha says:

    bunda…..asi saya kurang lancar padahal sdah minum jamu,babynya pertumbuhannya kurang montok.bolehkah baby usia 5 bln dikasih sari kurma….? bisa montok gak babynya…?.

      • lety says:

        maaf, bukannya bayi 0-6 bulan sebaiknya hanya konsumsi ASI ya? pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan setelah 6 bulan ketika pencernaan bayi sudah lebih baik. CMIIW ;)

        • bunda says:

          mbak Lety, kalau menengok sunnah Rosulullah, bayi yg baru lahir saja ditahnik (disuapkan dengan kunyahan) kurma lho…

          Memang untuk bayi usia 0-6 bulan yg terbaik adalah ASI, tapi, bagaimana dengan para ibu yg ternyata tidak bisa memberikan ASI untuk anaknya?
          insya Allah kurma, madu, juga sangat baik untuk bayi, bahkan lebih bagus daripada susu formula lho. ini berdasarkan pengalaman saya, juga teman-teman lain yg memberikan sari kurma dan madu pada bayinya ya.
          namun jika Anda ragu, maka ikutilah kata hati Anda dengan memilih yg lebih Anda yakini.
          terimakasih.

          • nala says:

            untuk kurma memang disarankan pas lahir untuk diberikan sedikit yang di lumatkan kedalam mulut bayi, tapi madu setahu saya (via whattoexpect.com) tidak disarankan untuk bayi dibawah 1 tahun karena kemungkinan membawa bakteri penyebab botulism…

  4. marini says:

    bunda.. saya mau tanya kalo sari kurma yang bagus merk apa yah? yang 100% sari kurma?? dan belinya dimana yah? soalnya saya mo coba untuk konsumsi herbal ini. thanks

  5. rumahherbalalami says:

    SELAMA ini, orang hanya mengetahui jika buah kurma adalah buah khas Timur Tengah dan hanya bisa dijumpai pada saat bulan Ramadan. Harganya pun relatif mahal untuk buah yang kualitasnya bagus atau super. Namun, siapa sangka, bahwa ternyata sari buah kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.Konon katanya, sari buah kurma akan memberikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui, sehingga saat melahirkan menjadi mudah, bayi sehat, dan ASI berlimpah.…

  6. janti says:

    bun, benar g sari kurma bisa mengurangi efek mual2 d awal2 kehamilan? karena saya sekarang sdang hamil 1.5bln dan mual muntah, padahal saya masih punya putri usia 2th yg butuh teman bermain tapi karena saya teler akhirnya anak saya seperti terbengkalai..
    kalo saya mengkonsumsi sari kurma, benarkah bisa mengurangi efek maual muntah d awal kehamilan bun?

    • bunda says:

      ibu Janti, kalau dulu saat saya hamil, saya juga hiperemesis. sampai tidak ada satupun makanan yg bisa bertahan kecuali jus, sari kurma, madu, dan permen. mual dan muntahnya saya tidak hanya pagi hari lho. tapi sepanjang pagi. tapi dengan minum sari kurma, saya jadi punya energi untuk tetap melakukan pekerjaan saya. dan setelah usia kehamilan 3 bulan, saya sudah bisa aktif seperti biasa. saya menyarankan ibu untuk mengkonsumsi sari kurma, agar ada tambahan energi. insya Allah mual dan muntah juga akan terkurangi.

  7. siti handayani says:

    ass…salam kenal sblm y saya siti handayani biasa d’pnggil yani.saya mau tanya apakah sari kurma tu bsa tuk mnambh/mnjdi kan cairan/sperma suami mnjdi kental n da efek smping y gk klu kta konsumsi y?trus apakah bsa klu kta lgi mau mrncnakan/persiapan tuk hamil dgn mngkonsumsi sari kurma apakah bgus/gmna.maaf saya mnanyakan y tllu byk y,mksh tlong d’jwb y prtnyan saya.trma ksh.yani

    • bunda says:

      Untuk masalah kesuburan bagusnya dengan serbuk bunga kurma, atau kurma muda. Biasanya dijumpai di toko-toko herbal. Insya Allah aman dan tidak ada efek samping negatif. Semoga Allah memudahkan. Terimakasih atas kunjungannya ya…

  8. meli says:

    Halo bunda…
    Terima kasih atas info pengetahuannya. Saat ini saya sedang mengandung dan baru 1 bulan berjalan.
    Selama kehamilan ini saya bnyak mbaca buku info kehamilan & juga gizi untuk ibu hamil & janin nya.
    Saya juga menemukan khasita dari kurma, yg akhrnya saya konsumsi juga.
    Yg ingin saya tanyakan:
    1. Saya konsumsi kurma utuh. Cara saya konsumsi…kurma saya rendam dalam air hangat supaya bersih…mirip mencuci anggur. Saya lakukan ini krna ingat bahayanya virus toxo….apakah aman cara saya konsumsi buah kurma ini? Mengingat ini adalah buah yg pertama kali saya makan dlm hidup saya.

    2. Jika cara konsumsi buah kurma saya salah…bgaimana yg benarnya? Mengingat di daerah saya lumayan mudah mencari buah kurma yg di paking dlm dus macam buah strawbery dari pada mencari sari buahnya. Aku kebetulan menemukan nya di toko buah langganan.

    Terima kasih sebelumnya….

    • bunda says:

      Halo, mbak Meli….
      Selamat atas kehamilannya ya…semoga diberi kemudahan dan kelancaran….
      Untuk konsumsi kurma utuh, boleh saja. Itu juga bagus kok. Dan memang baiknya dicuci dulu dengan air hangat, terutama jika Anda membelinya di toko buah biasa. Ada lagi kurma yg paling baik, dan ini harganya memang cukup mahal, yaitu kurma Ajwa. Anda bisa mencarinya di toko oleh-oleh haji. Selama seal-nya ketat, insya Allah boleh dimakan langsung.

  9. nisa says:

    setuju, bunda. teman saya yang ahli medis juga bilang begitu. saya lagi hamil 8 bulan, mncoba mengkonsumsi sari kurma secara rutin supaya bisa lancar persalinan. terima kasih artikelnya bunda, sangat bermanfaat :)

  10. Al ridho says:

    ………..alhamdu…kalo istri saya tercinta setelah mengkonsumsi sari kurma “Tamr” berat badan bertambah n selllu fit setiap hari………..

  11. Nenk henny says:

    Bunda..
    Kehamilan saya baru menginjak bulan ke 2, berapa kali sebaiknya sari kurma dikonsumsi dalam sehari untuk kehamilan saya?
    Lalu apakah bedanya kalau mengkonsumsi madu biasa?
    Terimakasih bunda… :)

  12. Ndut manis says:

    Ass… Salam kenal. Sy baru hamil 7 minggu, sy mau tanya apakah mengkonsumsi sari kurma mulai sekarang gak apa apa & brp kali dlm 1 hari?

    • bunda says:

      salam kenal, juga ya…
      konsumsi sari kurma sejak awal kehamilan boleh kok. dan bagus. sari kurma kan hanya seperti jus kurma atau kurma yg dihaluskan saja mbak. takarannya coba lihat dalam kemasannya.

  13. Ratna says:

    assalmkum bunda…
    trimakasih infox sangat brmanfaat lho…
    skr usia kndungan sy bru masuk 7 bulan,dan dokter bilang ukuran janinx sdh cukup besar dan sy di sarankan utk mengurangi konsumsi yg manis2,apakah sari kurma ini dpat memicu memperbesar ukuran janin?mengingat kurma yg rasax sngat manis,terimakasih sebelumx atas jawabanx..

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam, mba Ratna. terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya ya. sepengetahuan saya, kandungan gula pada sari kurma ini tidak menyebabkan kegemukan atau pembesaran janin ya. karena kandungan energinya langsung diserap oleh tubuh kita dan janin. insya Allah tidak mengapa. tapi jika masih kuatir, kurangi penggunaan gula lain, dan minumlah sari kurma 2 sendok per hari. semoga ibu dan janin senantiasa sehat ya…

  14. Reni says:

    .Terimakasih infonya Bunda…
    .Skrng sy hamil 5bln, dan mulai bulan juni ini mengkonsumsi sari kurma. Alhamd janin smakin sehat. Gerakanny mulai terasa, kl sudah konsumsi ini apa blh sy tdk mengkonsumsi susu?? soalnya sy tdk suka dg susu.

    • Uminya Aal says:

      Sepengetahuan saya tidak apa-apa jika mbak reni memutuskan untuk tidak mengkonsumsi susu saat kehamilan. Apalagi tidak ada keluhan apa-apa tho? Kandungan nutrisi yang ada dalam sari kurma terbukti sangat baik untuk ibu hamil. Diantaranya adalah karbohidrat, fiber, kalsium, kalium, vitamin B kompleks, magnesium, dan zat besi. Ditambah dengan asupan gizi yang baik pada makanan yang mbak reni makan, saya rasa itu sudah cukup memenuhi kebutuhan janin mbak reni serta pertumbuhannya.

      • reni says:

        .Terimakasih Uminya Aal, Alhamd dr pertama khamilan tdk mual2 ataupun mutah. baru 1bulan ini mngkonsumsi sari kurma alhamd ASI sdah mulai keluar. Sy jg lbh bnyk mngkonsumsi ikan laut.

    • bunda says:

      insya Allah boleh mba. saya juga tidak suka susu, tapi menggantinya dengan konsumsi sari kurma. tapi, sesekali selingi dengan minum susu ya…untuk asupan protein agar mencukupi kebutuhan ibu hamil.

      • reni says:

        .Terimakasih bunda,, selain bnyk mngkonsumsi ikan laut sy akan mencoba untuk minum susu wl susu coklat. Jujur susu putih pernah sy konsumsi 1x namun dperut mlh trasa tidak enak.

  15. rizzla says:

    alhamdulillah skr sy hamil sdh 25 minggu…memang bener sari kurma sangat bnyk manfaatnya..skr sy hamil anak ke 3..waktu trimester pertama tensi darah sy kurang terus hingga sering pusing klo lg di ktr,,,dokter nyaranin selain minum susu,,minum jg teh manis,,karena sy ga suka teh manis,,sy minum sari kurma,,alhamdulillah tensi darah sy skr normal..dan janin sy jg sangat aktif sekali…

  16. Asep says:

    terimakasih atas info’y….sangat beser skali ya manfaat buah kurma.
    istriku mau dikasih buah/jus kurma ah,bwt tambahan nutrisi dimasa kehamilan. n kbetulan istri saya jg mengidap sakit tukak lambung (magg) mudah2N kurma bisa menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit istriku.

  17. Asep says:

    hehehe…maaf salah ketik. maksudnya sangat “besar” bukan “beser” kalo beser tuh kencing terus2an.hahahha

  18. winda says:

    assalamu’akaikum,,
    mksh bgt ea bun ats infrmasi’a,insyaALLAH sngt brmanfaat..
    usia kndungan aku dh msuk 38 mnggu prediksi’a tgl 27 juli dan aku bru mnum sari kurma lgi mnggu nie sblum’a wktu msuk 20 mnggu aku mnum trz brenti,tpi ttp bsa ngaruh ngrangsang persalinn aku nnti krn aku tkt mpe skrang lum ngrsain ap” atwpn kontranksi pdhl dh bln’a..
    tlong jwb’a ea bun,,,

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam.
      mba winda, dilanjutkan aja minum sari kurmanya, bagus lho buat energi ibu saat bersalin dan memperlancar ASI. ohya, untuk masalah kontraksi, setiap ibu hamil kondisinya beda-beda. saya sendiri baru benar-benar kontraksi muncul itu pas sehari sebelum HPL, dan bayi lahir pas saat HPL-nya. jadi, sebaiknya gunakan waktunya untuk banyak-banyak dzikir ya…dan jangan lupa asupan gizinya, agar tidak mudah lelah dan persalinan lancar.

  19. Samuel Yonathan says:

    Salam,Bun. Istri saya sedang mengandung 3 minggu. Mau minta petunjuk seputar buah kurma :
    1. Saya mewajibkan istri makan buah kurma setiap pagi,siang,dan malam @3pc
    2. Saya juga membuatkan minuman madu+kurma Al Jazira@1sendok setiap pagi,siang, dan malam.
    Pertanyaannya :
    A. Apakah tidak apa-apa minum+makan kurma dalam dosis yang banyak?
    B. Sekilas saya lihat artikel di atas, kurma malah membantu proses kelahiran. Maksud apakah aman untuk usia kandungan istri saya yang masih 1 bulan?
    C. Kurma yang saya beli adalah-Palm Fruit-barangkali Bunda tahu kualitas merek tersebut.(Barang bisa didapat di toserba Yogya dan Carefor.
    Terima kasih,Bunda. Salam.

  20. Yetti says:

    Ass.bun sya mo nanya nech, apakah dg qta mengkunsumsi sari kurma qta bsa hamil..sya sdh hmpir 2thn menikah tp, lum hamil jg tlng djwb y bun.

  21. lamengka says:

    trima kasih atas roomnya mba,skarang saya akan coba memberikan istri saya tercinta sari kurma mudah mudahan janinnya sehat istri saya sudah mengandung 7 minggu doakan ya mba mudah mudahan semuanya lancar selamat karna ini adalah kehamilan yang ke2 karna yg pertama keguguran,sudah menunggu 6 tahun baru hamil lagi mba

  22. rifna budi darma says:

    saya mengkonsumsi sari kurma sejak usia kandungan saya 5 bulan alhamdullilah bayi saya sehat dan ketika menginjak usia kandungan 6 bulan bayi saya terasa sangat aktif di dalam perut hingga kini usia kandungan saya yang baru memasuki kandungan ke 7

  23. Nurhasanah says:

    Bunda, apakah sari kurmanya ready stok? skrng brp harganya? dikirim via apa? kalau dikirim ke daerah sudirman ongkirnya brp? thanks

  24. santileonal says:

    Mba, saya mau tanya perkiraaan lahir saya satu minggu lagi, apakah terlambat apabila saya baru mengkonsumsi sari kurma? apa sari kurma bisa melunakan leher rahim (jalan lahir) agar baby bisa turu panggul dengan mudah ,dan persalinan lancar? terima kasih sebelumnya :)

  25. wulan says:

    assalamu’alaikum
    Bund, mau tanya nie,,, saya hamil 1bulan sedang keadaanya saya jg mash menyusui anak pertma sya, apakah sari kurma bisa menambah asupan gizi unt saya, janin dan anak pertma saya? Karna sya mudah lapar pada khmilan k 2 ini,,, krena mgkin ank pertma kan jg minum asi eksklusif,,,
    Saya belum tega untuk menghntikan asi, krena usia anak saya belum 2 th, maklum naluri ibu merasa kasihan. Mhon pencerahan nya….

    • bunda says:

      wa’alaikmussalam. insya Allah bisa ibu…dibantu dengan sari kurma dan makan makanan yg bergizi, insya Allah ASI lancar. jangan sampai stress ya…
      selamat menjalani kehamilan keduanya..

  26. naima says:

    Salam,aku mau tanya aku ingin banget hamil.tiap hari aku dan suami selalu minum sari kurma.apakah bagus untuk aku yang ingin hamil

    • bunda says:

      salam, mba Naima…saya rekomendasikan selain sari kurma, juga konsumsi kurma muda atau serbuk bunga kurma (dates pollen) itu bisa didapatkan di toko oleh-oleh haji di kota Anda, insya Allah. semoga diberi kemudahan ya.

  27. yuniz says:

    Saya hamil 31minggu….alhamdulillah dari trimester ke2 saya konsumsi sari kurma sahara pada awalnya. Dan kehamilan saya sehat selalu. Sekarang trimester ke 3 saya minum sarikurma al jazera 2 sendok mkn sehari. Selama saya konsumsi sari kurma saya rasakan janin saya kuat…tahan banting …sampai sekarang masih naik motor sendiri setiap hari utk bekerja. Meskipun di tempat saya harga kurma palm 47rb padahal isinya habis buat 2hari dan sari kurma al jazira 35rb. Tapi saya setia mengkonsumsinya karna banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin nya…
    Buat yang masih ragu…monggo dicoba dulu…

  28. nurhalimah says:

    Salam kenal bunda, begini bun sy sdh 2x kegugurn, kata dokter lemah kandungan, mungkin dengan mengkonsumsi sari kurma akan membantu menguatkan kandungan sy ya? Skarang sy lagi program hamil lagi bolehkah mngkonsumsi sari kurma sblm hamil?

    • bunda says:

      boleh mba Nur. diminum sebelum hamil, selama hamil, dan saat menyusui insya Allah tidak apa-apa. kalau bisa, sari kurmanya yg bagus sekalian, atau buah kurmanya langsung.

  29. nurhalimah says:

    oke mksh bund, terus bund sy mau nanya lagi boleh ya, kalo. turun bero/ turun kandungan obatnya apa ya bund?????? perut bagian bawah dan bokonmgg sakit terus.katanya itu gejala turun kandunga. makasih ya bund.

    • bunda says:

      bisa dgn ekstrak kulit manggis dan daun sirsak, bu. ada juga yg menyarankan utk nungging atau berposisi sujud dg kepala dimiringkan.tapi sy sendiri belum pernah mencoba

  30. Febti dwi says:

    Bund, mau tanya apakah sari kurma bisa digunakan untuk menaikan berat badan janin karena saya takut bayi saya kekecilan. Uk 36 w, bbj 2350 gr. Dan apakah terlambat kalau saya mengkonsumsinya baru sekarang. Sebelumnya saat puasa saya sering makan buah kurma tapi abis puasa saya tidak makan lagi. Trimakasih jawabannya

  31. Nurul says:

    bener banget, khasiat sari kurma dahsyat. 2x hamil dan melahirkan. ketika baca artikel ini, jd kepengen punya baby lagi. minum sari kurma gak bikin trauma ketika melahirkan. prosesnya cepet. aku cuma hitungan jam udah brojol ;) recommended banget buat bumil.

  32. Hera says:

    Terimakasih artikel yang bagus sekali, sayang sekali kalau masih ada yang meragukan khasiat sarikurma untuk kesehatan. Padahal Rosulullah sangant menyukai kurma, bahkan kita disunnahkan memakan 7 kurma ajwa setiap paginya agar terhindar dari sihir.
    wallahu a’lam

  33. Hendra says:

    mau sharing pengalaman istri saya nih, sebulan setelah melahirkan ASI nya cuma sedikit…, berbagai obat pelancar ASI sudah diminum, sayur Katu, bayam dll juga sudah banyak dimakan… tapi tetap aja ASI nya cuma sedikit…

    nah… waktu itu teman istri saya sharing, katanya ..waktu anaknya sudah berumur 1 th 10 bln ASI nya sudah hampir kering…, setelah dicoba minum SARI KURMA .. eh..ASI nya banyak lagi..

    Istri saya coba minum SARI KURMA, alhamdulillah ASI nya buaaanyak banget… sampai nyembur keluar, kalau habis disusui ke anak, 15-30 menit sudah penuh lagi… wiiih manteb banget nih SARI KURMA….

  34. Lisna Nursetiasih says:

    Bunda mw tanya, sekarang saya sedang hamil 37 minggu.
    masih bisakah untuk mengkonsunsi sari kurma untuk memperlancar persalinanku nanti yang tinggal menghitung hari?
    dan sari kurma merek apa yang bagus untuk saya?
    mohon sarannya.

    • bunda says:

      in syaa Allah masih bisa mba. bahkan sampai menyusui pun boleeeh minum sari kurma utk membantu melancarkan ASI. kalau saya, pakai sari kurma merk Sahir Ajwah, yg ada campuran kurma ajwahnya. rasanya lebih enak dan tidak eneg -kalau buat saya lho ya- dibandingkan merk lain. jika tidak ketemu sari kurma, makan buah kurmanya langsung juga baguuss…
      semoga diberi kelancaran persalinannya ya mba…

Leave a Reply