MEMILIH TISU BASAH YANG AMAN UNTUK SI KECIL

Selama ini kita sering menggunakan tisu basah dalam keperluan sehari-hari, terutama untuk si kecil. Tapi, yakin tisu basah yang selama ini kita gunakan sudah aman untuk si kecil?

Sebagaimana yang kita ketahui, di pasaran beredar banyak sekali jenis-jenis tisu basah dengan berbagai merk, fungsi, dan kandungan bahan tambahan. Secara umum memang tisu basah berfungsi sebagai pembersih, namun kegunaan dan kandungan bahan tambahannya berbeda-beda.

Berikut ini beberapa jenis tisu basah berdasarkan kegunaannya :

  • Tisu basah antiseptik, tisu basah yang mengandung antiseptik sebagai bahan pembunuh kuman. Digunakan untuk membersihkan tangan sebagai pengganti air dan sabun, atau membersihkan peralatan
  • Tisu basah kewanitaan, biasanya digunakan untuk membersihkan area kewanitaan dan mengandung bahan-bahan tambahan seperti ekstrak sirih dan manjakani
  • Tisu basah perjalanan, biasanya diberikan di pesawat, hotel, atau restoran. Terkadang ada tambahan parfum
  • Tisu basah untuk bayi, digunakan untuk membersihkan bayi. Terkadang ada bahan tambahan antiseptik, vitamin E, dll

Tisu basah atau wet tissue biasanya tidak mengandung alkohol. Sedangkan tisu basah yang mengandung alkohol menggunakan istilah wet wipes atau baby wipes khusus untuk bayi.

Kalau kita tilik di pasaran, tisu khusus untuk bayi memang cukup banyak merk-nya. Terkadang dibedakan dengan kandungan bahan tambahan di dalamnya. Misalnya, ada yang ditambah dengan chamomile, tea tree oil, parfum, essensial oil, dan lain-lain.

Bahan-bahan yang digunakan berbagai tisu khusus bayi ini sebenarnya bisa dikatakan sudah lulus uji laboratorium. Namun, meski demikian kita tetap harus selektif dan waspada terhadap reaksi saat menggunakannya. Karena terkadang, apa yang cocok bagi sebagian anak ternyata tidak cocok bagi sebagian anak yang lainnya. Perhatikan reaksi yang muncul setelah menggunakan tisu pembersih tersebut pada kulit bayi. Beberapa bayi ada yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu, sehingga kulitnya dapat teriritasi.

Pilih juga produk tisu pembersih khusus yang benar-benar diperuntukkan untuk bayi dan pilih sesuai dengan kegunaannya. Ada tisu basah bayi untuk kegunaan secara umum, ada yang digunakan untuk anti nyamuk, dan ada yang khusus untuk tangan dan mulut. Jangan pernah mencoba-coba membersihkan kulit bayi dengan menggunakan tisu khusus orang dewasa atau yang mengandung bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulit bayi. Dan usahakan pada saat menggunakan tisu basah tersebut, kulit bayi harus bersih dari bekas urin atau kotoran pupnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *