Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

SEHAT DENGAN BUAH DAN SAYUR

Salah satu program hidup sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Makan buah dan sayur berarti memberikan asupan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Banyak ahli gizi menyarankan minimal kita makan 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Selain itu, makan buah dan sayur juga merupakan bagian dari diet alami yang mudah serta murah.

Apa saja vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur?

Vitamin A – antioksidan : baik untuk mata dan kulit. Sumber: alpukat, apel, belimbing, jambu biji, kiwi, mangga, melon, pepaya, pisang, semangka, bayam, brokoli, wortel, kangkung, kacang panjang, seledri, dsb.

Vitamin B1 : baik untuk sirkulasi, metabolisme, dan fungsi otak. Sumber : kiwi, kacang panjang, kismis, semangka, pisang, kangkung, timun, dsb.

Vitamin B2 : baik untuk pembentukan sel darah merah dan meningkatkan oksigen ke jaringan. Sumber: bayam, kiwi, kacang panjang, jamur, apel, manggis, pisang, semangka, timun, dsb.

Vitamin B6 : untuk metabolisme, bermanfaat bagi sistem saraf, dan kekebalan tubuh. Sumber : semangka, pisang, kentang, ubi jalar, seledri, alpukat, dsb.

Asam folat : untuk memperkuat imunitas dan meningkatkan energi. Sumber : kiwi, jagung, terong, dsb.

Vitamin C : untuk anti oksidan, kesehatan gigi dan gusi. Sumber : apel, jeruk, belimbing, mangga, jambu biji, pepaya, pisang, sirsak, stroberi, jagung, kol.

Vitamin E : sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung dan kanker, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : brokoli, bayam, dsb.

Vitamin K : untuk pembentukan tulang dan pembekuan darah. Sumber : kubis, brokoli, asparagus, dsb.

Zat besi : untuk pembentukan sel darah merah. Sumber: alpukat, apel, mangga, bayam, kangkung, kacang panjang, kembang kol, kol putih, timun, dsb.

Potasium : mengontrol detak jantung, menurunkan tekanan darah, mengontrol fungsi otak. Sumber : tomat, jeruk, buncis, pisang, semangka.

Kalsium : untuk pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. Sumber : sirsak, pisang, apel, jeruk, pare hijau, kol putih, kangkung, dsb.

Dan masih banyak lagi. Hmm…

Badan Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan agar kita menkonsumsi sayur dan buah sedikitnya 400 gram perhari. Ini bisa kita bagi menjadi 5 porsi. Jadi, 1 kali makan, minimal ada 80 gram sayur atau buah yang kita makan.

Banyak sekali…?

Oh, tidak juga. Jika Anda makan 1 buah apel, misalnya, itu sudah terhitung 1 porsi makan. Atau 1/2 mangkok sayur kangkung, itu juga terhitung 1 porsi makan.Bisa juga dikombinasikan dengan jus atau sebagai campuran di makanan lain.

Tapi, nggak selera…?

Wah, ingin sehat atau tidak? Sayur dan buah tidak harus dimakan mentahan kok. Kombinasikan saja dengan makanan-makanan yang Anda suka. Misalnya, Anda suka mie goreng, maka tambahkan sayuran untuk melengkapinya. Atau bisa juga dijadikan campuran untuk milkshake, puding, dsb.

Jadikan sayur dan buah sebagai camilan sehat Anda. Tidak rugi kok!

Selamat menjalankan hidup sehat!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *