Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

BEKAL UNTUK SI ANAK AKTIF

Wow, kini si kecil Anda sedang aktif-aktifnya bergerak. Ia senang berlarian kesana kemari, melompat-lompat, memeriksa semak, membuka dan menutup pintu, bermain air dan pasir, dan lain sebagainya. Seringkali Anda berpikir, “ini anak energinya kok nggak habis-habis, ya?”. Betul demikian, Bunda?

Pada usia 1-3 tahun, anak-anak menjadi semakin aktif. Rasa ingin tahunya sangat besar, tapi sering kali ia belum memahami kata “bahaya”. Karena itu, kita sebagai ibu harus senantiasa mengawasi dan mempersiapkan “bekal” yang menjadi kebutuhan dalam masa aktifnya ini.

MAKANAN BERGIZI DAN NUTRISI SEIMBANG

Asupan gizi dan nutrisi pada anak harus selalu terpenuhi dan seimbang. Karena mereka sangat aktif, maka mereka membutuhkan sumber energi dan sumber pelindung yang lebih untuk menghindari sakit. Pastikan bahwa kita memberikan apa yang ia butuhkan untuk asupan nutrisinya. Sediakan susu, madu, dan buah untuk tambahan ekstra untuk tubuhnya.

PAKAIAN

Anak-anak aktif, tentu membutuhkan pakaian yang mendukung keaktifannya. Harus yang nyaman dipakai, mudah dilepas, dan tidak mengganggu geraknya. Misalnya, Anda bisa memakaikan jumper (baju-celana) pendek, kaus katun, sehingga nyaman saat digunakannya untuk bergerak aktif. Hindari penggunaan pakaian yang longgar, yang dapat melorot dan menyebabkannya jatuh. Atau sebaliknya, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat atau ikat pinggang yang kencang, yang dapat membuatnya kesulitan saat harus buru-buru pipis.

SEPATU

Saat Anda memilih sepatu atau sandal untuk si Anak Aktif, maka pilihlah sepatu atau sandal yang tidak menggunakan tali, berbahan lembut, sol anti selip, dan ukuran yang pas sehingga tidak membuat lecet.

MAINAN

Memilih mainan pun tidak boleh sembarangan. Pilihlah mainan yang anti toxic (anti racun), tidak berpartikel kecil yang mudah lepas dan tertelan, tidak menyakiti atau melukai, dan harus yang mudah dibersihkan. Mainan seperti plastisin atau playdoh sebaiknya jangan diberikan sebelum usia mereka 3 tahun. Begitu juga dengan boneka barbie, mobil-mobilan kecil, pistol atau senjata, dan mainan lain yang sekiranya dapat tertelan dan menyakitinya. Pilihkan balok-balok kayu dengan cat yang aman, sedikit mahal tidak mengapa, asalkan aman untuk si kecil. Pilihkan krayon dan pewarna yang juga anti toxic, sehingga jika ada anak yang terbiasa “ngemut” alat tulisnya, tidak akan membahayakannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *