Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

MEMILIH PERAWAT BAYI YANG TEPAT

Sebaik-baik pengasuhan anak adalah pengasuhan oleh ibu kandung sendiri. Namun ada beberapa kondisi tertentu yang membuat seorang ibu membutuhkan bantuan orang lain dalam mengasuh dan merawat anak mereka.

Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah bantuan secara teknis, seperti menyuapi anak, mengantar sekolah, mendiurkan anak, memandikan anak, dsb. Bukan dalam masalah kasih sayang dan cinta. Sebab kasih sayang dan cinta seorang ibu tidak akan pernah tergantikan oleh perawat sebaik apapun.

Nah, memilih perawat atau pengasuh bayi (babysitter) ternyata membutuhkan kecermatan dan tidak boleh asal ambil. Mempertahankan perawat bayi juga membutuhkan kesabaran dan kelapangan dada, karena sebetulnya hubungan Anda dan perawat bayi Anda adalah simbiosis mutualisme. Saling bergantung.

Anda harus bersabar dalam mendidik dan mengarahkan perawat bayi Anda sesuai dengan prinsip Anda, dan memastikan bahwa mereka melakukannya sesuai dengan apa yang Anda minta. Awalnya mungkin tidak mudah dan membutuhkan kesabaran ekstra. Tapi, itulah resiko.

  • Pastikan perawat bayi yang Anda pilih adalah seorang yang mampu menjaga kebersihan dirinya, namun juga tidak berlebihan dalam penampilan.
  • Gunakan relasi atau yayasan penyalur perawat, sehingga biasanya ada sertifikasi tertentu yang menjadikan perawat tersebut layak dan terdidik dengan baik.
  • Sebelum menerima, jangan asal mempekerjakan orang yang butuh penghasilan, tapi Anda juga perlu mengetahui latar belakang, riwayat pekerjaannya sebelum datang kepada Anda, dsb.
  • Anda perlu menanyakan mengapa ia berhenti dari pekerjaannya yang sebelumnya, dan pastikan Anda mengecek kebenaran hal tersebut.
  • Saat menguji coba-nya, perhatikan keterlibatan emosinya pada anak Anda. Misalnya, bagaimana caranya menenangkan bayi yang menangis, bagaimana ia mengganti popok dan memandikan bayi Anda, dsb.
  • Bila memungkinkan, Anda bisa meminta bantuan pada ibu Anda atau kerabat Anda untuk ikut mengawasi dan memberikan penilaian terhadap perawat Anda.

Yang terakhir, jangan pernah lupa untuk senantiasa memperlakukan perawat bayi Anda dengan hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Jangan terlalu banyak memerintah, apalagi dengan mencaci dan memarah-marahinya, bahkan merendahkannya. Anggaplah ia sebagai anggota keluarga yang layak untuk dihargai dan dipercayai. Janganlah juga terlalu pelit padanya.

Jika Anda memiliki waktu luang, ajak perawat bayi Anda untuk berbelanja bersama, memberinya bonus atau pakaian baru, mempersilahkannya membaca buku di perpustakaan Anda, memberinya libur ekstra saat Anda libur bekerja, dsb. Kepercayaan dan kehangatan Anda akan membuatnya betah dan bertahan bersama Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *