SEMBELIT PASCA MELAHIRKAN

Pengalaman pribadi setelah melahirkan Alifa dulu, saya mengalami sembelit alias susah buang air besar. Sebenarnya, awalnya lebih karena takut jongkok. Entah mengapa saya masih terbayang-bayang proses melahirkan Alifa. Kemudian, rasa nyeri jahitan itu juga masih datang dan pergi. Walaupun saya hanya mendapatkan 2 jahitan luar saja, tetap saja takut. Jadi, saya tahan-tahan dan akhirnya sembelitlah.

Ternyata, setelah saya baca-baca lagi, memang ternyata mayoritas ibu yang baru melahirkan itu seringkali takut untuk buang air besar. Sebabnya ya seperti yang saya rasakan juga, yaitu rasa sakit setelah melahirkan atau rasa sakit bekas jahitan di jalan lahir yang belum sembuh. Para ibu juga biasanya khawatir jahitannya akan robek, sehingga mereka merasa “lebih baik” menahan keinginan buang air besar. Nah, akibat dari menahan BAB inilah, feses menjadi lebih keras dan membuat sembelit. Padahal, sembelit itu rasanya sungguh tidak nyaman. Perut rasanya penuh, tidak nyaman. Bahkan bisa menyebabkan jahitan terbuka kembali.

Solusinya?

Coba banyak minum air putih. Minimal dalam sehari kita minum 8 gelas air putih. Atau bila suka, coba minum segelas air putih hangat yang dicampur dengan perasan jeruk lemon di pagi hari. In syaa Allah meminum air putih hangat dengan perasan jeruk lemon itu bermanfaat untuk membuka penyumbatan yang terjadi di saluran pencernaan. Minum jus buah segar, air kelapa, dan yoghurt  juga bagus untuk membantu melancarkan BAB.

Ketika menyusui bukan berarti ibu boleh makan sembarang makanan asal banyak. Tetapi perhatikan juga komposisi gizinya. Coba banyak makan makanan yang mengandung serat seperti roti gandum, sereal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran segar untuk mencegah sembelit. Bisa juga mengkonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun ini juga bisa dioleskan di sekitar anus agar tidak luka saat buang air besar.

Jika sembelit ini terus berlanjut lebih dari 1 minggu, segera konsultasikan ke dokter atau bidan ya, Bun. Dan ingat, jangan tahan BAB, tapi upayakan agar BAB menjadi lunak dan mudah keluarnya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *