TIPS MEMASAK IKAN AGAR TIDAK AMIS

Suka makan ikan, tapi malas dengan keribetan mengolahnya dan bau amisnya yang susah hilang? Coba cara berikut untuk membantu menghilangkan bau amis ikan agar lebih enak disantap. Tapi sebelumnya, siapkan beberapa bahan dan alat untuk membersihkan ikan terlebih dahulu.

Alat dan bahan :

  • pisau yang cukup tajam
  • talenan
  • garam
  • jeruk nipis
  • tissue dapur

Cara menghilangkan bau amis ikan :

  1. Dengan menggunakan pisau dan talenan, potong bagian kepala ikan, lalu buang kotoran di bagian kepala dan bagian depan ikan. Belah ikan, dan lihat pada bagian kepala bawah, dekat dengan tempat kotoran ikan tadi. Akan terlihat ada garis kehitaman, nah, hilangkan garis kehitaman itu dengan menggunakan tisu dapur karena disitulah sumber amisnya ikan.
  2. Cuci ikan dengan menggunakan air garam dengan konsentrasi 30%. Kalau bisa jangan hanya bagian luar, tapi juga bagian dalam sampai ke bagian bekas garis kehitaman tadi. Setelah dicuci, keringkan ikan.
  3. Potong-potong ikan menjadi beberapa bagian, lalu taburi dengan garam atau jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit sampai minyak ikan keluar. Minyak ini juga menjadi sumber amis ikan. Jadi, keringkan dengan tisu.
  4. Ikan pun siap dibumbui dan diolah.

Tambahan : Jika ingin membuat sup ikan, agar kuah sup tidak amis, bisa juga menambahkan potongan jahe ke dalam kuahnya.

 

Sumber : Tips Cerdas Seputar Dapur

Gambar : http://www.blackjava.ca/Fresh-Fish-Online.jpg

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *