Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

TIPS MEMILIH IKAN SEGAR

Dibandingkan ayam atau daging, ikan ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi serta lemak yang rendah. Itulah mengapa banyak pakar gizi menyarankan ibu hamil dan anak-anak untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan dibandingkan daging-dagingan yang lain.

Akan tetapi, ikan termasuk bahan makanan yang cepat rusak jika tidak segera diolah. Itulah mengapa para penjual ikan sering kali menggunakan es batu untuk menjaga agar ikannya tetap segar. Nah, para ibu pun harus selektif dan pintar-pintar memilih ikan segar saat belanja. Jangan sampai memilih ikan yang sudah busuk. Salah-salah, bisa beracun lho!

Bagaimana cara memilih ikan segar?

  1. Pastikan Anda membeli ikan pada tempatnya yang benar. Misalnya, langsung ke pasar ikan atau TPI. Atau membelinya langsung dari nelayan atau petani ikan.
  2. Cium baunya. Ikan yang masih bagus baunya segar, tidak menyengat. Kalau bau amisnya sudah sangat menyengat, berarti ikan sudah mulai membusuk.
  3. Tekan-tekan badan ikan. Ikan yang masih fresh tidak akan meninggalkan bekas saat ditekan, dan tidak mudah robek. Pastikan saat membeli ikan, badan ikan keras dan berisi padat.
  4. Mata ikan yang masih segar jernih dan sedikit menonjol. Dan sisiknya juga masih utuh dan mengkilat.
  5. Pilih ikan yang insangnya berwarna merah darah. Jangan pilih ikan dengan warna pucat atau bahkan kehitaman.
  6. Ikan yang masih segar akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Anda boleh mencobanya saat belanja ikan di pasar.

Setelah Anda membeli ikan, segera bersihkan ikan dan langsung mengolahnya. Atau, jika tidak sempat mengolah, bersihkan dulu ikan dari sisik, insang, dan sirip-siripnya, cuci bersih, lalu bungkus dalam plastik dan masukkan ke dalam freezer.

Selamat berbelanja! Pastikan keluarga Anda mendapatkan gizi dan nutrisi yang terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *