WASPADAI ZAT KIMIA BERPOTENSI RACUN DI SEKITAR KITA

Yakin di rumah kita sudah bebas dari zat-zat kimia yang berbahaya? 

Hmm…ya, memang tidak bisa dipungkiri, hampir di sebagian besar rumah, pasti masih ada zat-zat kimia berpotensi racun yang kita gunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Misalnya, lotion badan, sabun cuci, cairan pel, pembersih keramik, oli motor, pemutih pakaian, penyemprot nyamuk, dan lain sebagainya. Bahan-bahan semacam ini memang kita butuhkan, tapi bukan berarti 100% aman. Apalagi untuk si kecil yang saat ini sedang senang-senangnya bereksplorasi. Salah penyimpanan, bisa berbahaya!

Sebenarnya, ada panduan yang patut kita perhatikan saat kita hendak membeli sebuah produk berbahan kimia. Dalam setiap produk, biasanya ada panduan keamanan yang berbeda-beda. Setidaknya ada 3 tingkatan bahaya pada produk berbahan kimia, yaitu :

  • Caution / Perhatian : Tanda ini menunjukkan bahwa kita perlu berhati-hati terhadap bahan kimia yang terdapat dalam produk tersebut. Utamanya, tingkatan bahaya di level ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan bila terhirup atau iritasi bila terkena kulit atau mata.
  • Warning / Peringatan : Tanda ini menunjukkan level bahaya yang lebih serius daripada “caution”. Biasanya terdapat pada produk-produk berbahan kimia yang berpotensi mudah terbakar. Jadi, penyimpanannya harus jauh dari api atau listrik.
  • Danger / Berbahaya : Tanda ini menunjukkan level paling berbahaya dari suatu zat kimia. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang berpotensi meledak dan mematikan.

Sebisa mungkin, simpan produk yang mengandung bahan-bahan kimia berpotensi racun ini di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Misalnya, jangan letakkan detergen di dekat meja makan. Jauhkan cairan pembersih lantai dari wadah penyimpanan peralatan mandinya. Simpan penyemprot nyamuk dan pembersih logam di lemari khusus yang hanya Anda yang bisa menjangkaunya. Atau bila Anda sedang berencana mengecat ulang rumah, pilihlah cat tembok yang aman atau non toxic.

Dan bila si kecil tak sengaja terkena bahan kimia dari produk rumah tangga, segera bersihkan bagian yang terkena zat kimia dengan air yang mengalir selama 10-15 menit minimal. Segera ke dokter bila ada indikasi luka bakar, iritasi, atau gangguan saluran pernafasan.

Yuk, peduli dengan keamanan rumah kita !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *