DESTINASI WISATA EDUKASI JOGJA : TAMAN PINTAR

Salah satu tempat wisata favorit anak-anak saya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Taman Pintar ini terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta. Letaknya juga tidak jauh dari Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Museum Anak Kolong Tangga, Taman Budaya, dan beberapa tempat menarik lainnya yang berada di pusat kota Jogja.

Jika Anda memiliki anak usia pra sekolah dan usia sekolah, Taman Pintar Yogyakarta sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan. Tapi jangan datang terlalu siang, karena selain panas, terlalu ramai juga mungkin akan membuat si kecil jadi kurang nyaman.

Taman Pintar Yogyakarta ini buka setiap Selasa sampai Ahad mulai jam 8.30 sampai jam 16.00 sore. Hari Senin tutup, kecuali kalau libur nasional yang jatuh pada hari itu. Tiket masuknya IDR 10.000 untuk anak-anak dan IDR 18.000 untuk dewasa. Kalau mau masuk gedung lain atau planetarium, nanti ada biaya lagi. Demikian juga kalau mau masuk ke wahana tertentu yang berbayar.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar
Harga Tiket Masuk Taman Pintar 2

Di Taman Pintar ini, ada sekitar 6 gedung yang bisa dimasuki: Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung PAUD Barat, Gedung PAUD Timur, Planetarium, dan Kampung Kerajinan. Di dalam gedung masing-masing nanti ada wahana atau zona informatif yang sangat cocok untuk pembelajaran anak-anak.

Favorit anak-anak kami adalah Teater 3D, yang sekarang menjadi Teater 4D, dan juga Planetarium. Sayangnya, kami selalu kebagian di jam pemutaran film yang ituuuu terus. Tentang luar angkasa. Padahal kepingin juga melihat yang lainnya. Sayangnya, jeda waktunya lumayan lama kalau menunggu.

 

Dan kemarin, kami baru mencoba wahana baru, yaitu Dino Adventure. Sambil naik kereta, kami berkeliling melihat “kehidupan” dinosaurus yang diyakini pernah hidup di bumi ini. Awalnya Alifa agak takut-takut, karena dikira bakalan seram atau gimana. Dia tidak suka sesuatu hal yang bikin kaget sih. Tapi, ternyata dia suka sekali dan malah minta mengulang lagi. Lucu-lucu dinosaurusnya, dengan efek robotic, jadi bisa bergerak dan menimbulkan kesan yang lebih hidup. Boleh lihat video Dino Adventure disini.

Ada gedung PAUD juga yang pastinya bikin anak-anak suka dan betah berlama-lama. Tapi sayang, kami tidak punya fotonya karena orang dewasa tidak boleh masuk. Ada Taman Air Menari juga yang bikin anak happy karena bisa main basah-basahan. Serunya kalau ada temannya main, sayangnya, kami suka kepagian datang dan Alifa tidak mau kalau main basah-basahan sendiri.

Seru deh pokoknya. Kalau Anda ingin me time sejenak, dan membuat satu peluang “hari bermain bersama ayah” -haha, itu istilah saya agar ayahnya full bermain bersama anak-anak tanpa saya-, saya bebaskan suami dan anak-anak ngapain saja ke Taman Pintar. Sementara saya menenggelamkan diri dalam lautan buku-buku yang di jual di Taman Pintar Book Store atau yang disebut juga “Shopping”. Disana ada berbagai jenis buku, baik baru maupun bekas. Atau, jalan jauh sedikit, berburu perkakas dapur dan perlengkapan rumah tangga lainnya di Remujung atau Progo.

Ke Jogja bawa anak? Jangan lupa ke Taman Pintar, ya!

 

Foto : koleksi pribadi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *