APA YANG DAPAT DILAKUKAN SAAT BAYI SEMBELIT

Saat bayi mengalami konstipasi atau sembelit, sebagai ibu tentu kita akan merasa sedikit panik dan kasihan. Tak terbayangkan, jika kita yang orang dewasa saja lebih sering mengeluh karena susah buang air, apalagi bayi?

Untuk bayi, satu kali sehari buang air besar itu masih normal. Tapi jika lebih dari 3 hari dan bayi terlihat nampak kesakitan atau rewel, itu tandanya bayi Anda sembelit. Harus segera ditangani lho!

Biasanya, bayi mulai mengalami sembelit atau susah saat buang air besar ketika mereka mulai makan makanan padat. Berikan ASI untuk membantu lambungnya mencerna makanan dengan baik. ASI dapat kita gunakan untuk membantu mencegah terjadinya sembelit. Sebab ASI telah dirancang sedemikian rupa untuk mudah dicerna oleh bayi. Jika dalam waktu 3 hari bayi Anda tidak juga buang air besar, segera periksakan ke dokter atau bidan.

Bagaimana jika bayi tidak bisa mendapatkan ASI?

Memang, ada kondisi dimana seorang ibu tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya. Bisa jadi karena faktor hormonal yang kurang bagus, atau karena faktor psikologis yang dapat mempengaruhi ASI sehingga tidak bisa keluar dengan lancar. Tidak mengapa, itu bukan salah Anda, selama Anda telah mengusahakannya semampu Anda.

Bayi baru lahir yang tidak mendapatkan ASI dan langsung minum susu formula juga biasanya mengalami sembelit. Susu formula berbeda dengan ASI, sehingga lebih memungkinkan membuat feses atau kotoran menjadi lebih padat dan keras. Anda bisa sedikit mengencerkan susu saat membuatnya. Sembelit bisa diakibatkan karena konsentrasi susu terlalu kental.

Atau, bisa jadi bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang sekarang diminumnya. Pilihlah susu formula dengan kandungan khusus yang mudah dicerna oleh bayi. Saat membeli susu, sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungan yang ada dalam susu tersebut.

Nah, selanjutnya, saat bayi telah mulai makan, Anda bisa memulainya dengan memperbanyak buah dan sayur untuknya. Pisang dan nasi sebaiknya sedikit Anda mundurkan dulu jadwal pemberiannya. Konsultasikan makanan terbaik apa yang dapat Anda berikan untuk si kecil.

Anda dapat membantu menggosok pelan-pelan perut si kecil dengan minyak kayu putih, kemudian bagian punggung bawah. Anda juga dapat memberikan beberapa tetes minyak zaitun pada lubang anus bayi Anda, itu dapat membantu mempermudah keluarnya feses.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *