MENGATASI SI KECIL YANG SUKA MENGHISAP JARI

Pertanyaan : Anak saya sekarang berusia 7 bulan, sangat suka menghisap tangan. Apakah ini normal? Bagaimana menghentikannya agar tidak terbawa sampai besar?

Jawaban : Bayi usia 7 bulan masih berada dalam fase oral, dimana dalam fase ini bayi sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya untuk mengenali benda tersebut, termasuk jari-jarinya sendiri. Hal ini normal. Namun, semakin besar usianya, tentu harus dilatih untuk berhenti memasukkan tangannya ke mulut. Karena bila kebiasaan tersebut terbawa sampai besar, akan semakin sulit untuk menghentikannya. Dan menjadi semacam cara atau upaya pelarian dari rasa cemas. Tidak jarang ada anak yang langsung menghisap tangannya di saat ia merasa cemas atau takut atau tidak percaya diri. Selain itu, kebiasaan menghisap jari juga dapat mengganggu pertumbuhan gigi dan rahangnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, jangan alihkan dengan empeng atau dot atau yang semisalnya. Pemberian empeng mungkin bisa mengalihkannya dari menghisap tangan, tapi ada efek samping lain yang justru lebih mengkhawatirkan, yaitu bingung puting. Jadi, sebaiknya hindari pemberian empeng ini.

Kedua, berusaha untuk memegang tangan si kecil Anda ketika ia hendak memasukkan tangannya ke mulut. Perlahan dan lembut saja, lalu alihkan perhatiannya pada hal lain yang menarik minatnya.

Ketiga, susui sebelum tidur. Menyusuinya sebelum tidur dapat membuatnya tidak sempat menghisap jarinya.

 

 

Gambar : http://3.everyday-families.com/wp-content/uploads/2011/05/january-2011-toddler-recalls.jpg

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *