MENGOBATI BAYI YANG TERKENA FLU

Tak tega rasanya saat harus melihat dan menghadapi si mungil yang sedang flu. Apalagi jika nafasnya sesak karena lendir yang banyak dan tak dapat keluar, pasti ia akan menjadi sangat rewel. Tak jarang, bayi menjadi tak bisa tidur sama sekali dan hanya menangis sepanjang malam. Ibu tentulah harus mencari obat yang terbaik untuk menanganinya.

Berikut ini adalah tips yang mungkin dapat Anda lakukan untuk mengobati bayi Anda yang terkena flu :

1. Berikan ASI atau pengganti ASI dengan lebih sering. 

Saat bayi Anda flu, sering-seringlah memberinya ASI untuk memperbaiki dan mempertahankan imunitasnya. Karena sistem imunitas yang baik dapat membunuh virus jahat yang menyebabkan flu. Selain itu, pemberian ASI yang lebih sering akan membantu si kecil dalam menjaga asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Namun, tentunya ASI yang Anda berikan haruslah ASI yang berkualitas, yang tersuplai dengan makanan sehat dan vitamin yang cukup sehingga dapat membantunya meringankan flu yang dideritanya.

Jika bayi Anda tidak menerima ASI, Anda dapat menggantinya dengan susu formula lebih banyak. Atau, Anda bisa menggantinya dengan air madu. Madu sangat baik untuk memperbaiki sistem imunitas dan menjaga kesehatan bahkan untuk bayi sekalipun.

2. Sediakan kompres dan bantu keluarkan lendirnya. 

Jika si kecil demam, sediakan kompres dengan air hangat. Jika ia merasa tak nyaman, ada pengganti kompres yang dijual di apotik yang dapat membantu si kecil agar segera turun panasnya. Selain itu, bantu si kecil mengeluarkan lendirnya. Bersihkan hidungnya dengan lap lembut atau tisu lembut. Jangan lupa untuk memberinya minum madu dan propolis. Madu dan propolis membantu encernya lendir sehngga mudah keluar dan membantu turunnya panas. Saya sendiri sudah membuktikan khasiat madu dan propolis ketika putri saya sakit. Panasnya cepat turun, dan sakitnya pun segera sembuh. Daya tahan tubuhnya pun sangat baik, sehingga jarang sekali ia sakit.

3. Jangan panik, namun buatlah suasana senyaman mungkin. 

Tidak ada ibu yang tidak khawatir bila bayinya rewel dan sakit. Tentu khawatir, tapi usahakan untuk tidak terlalu panik. Mengapa? Sebab si kecil justru akan semakin panik. Cobalah untuk bersikap lebih tenang agar si kecil merasa lebih nyaman dan lebih tenang pula. Gendong si kecil dengan nyaman, agar ia merasa hangat. Bahkan jika perlu, perbanyak dzikir dan mengaji, karena dengan dzikir dan memperbanyak melantunkan ayat-ayat Allah, hati akan lebih tenang, dan bayi pun dapat ikut tenang, insya Allah.

4. Berikan vitamin dan asupan makanan yang bergizi. 

Jika bayi Anda sudah mulai mendapatkan makanan tambahan, maka berikanlah makanan yang mengandung gizi cukup. Tambahkan pula vitamin yang dapat membantu memperbaiki nafsu makannya. Hindari pemberian obat-obatan antibiotik, karena obat antibiotik bukan untuk flu. Jika harus menggunakan obat, pilihlah obat dengan kandungan antihistamin untuk mengurangi lendir dan parasetamol untuk menurunkan panasnya. Bahkan, jika Anda bisa, biasakanlah si kecil untuk mengkonsumsi obat-obatan herbal saja, agar ia tidak tergantung dengan obat-obatan kimia di kemudian hari.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *