TRANSISI DARI BAYI KE BATITA

Ah, rasanya baru kemarin kita mendengar tangis pertamanya pecah saat ia dilahirkan. Baru kemarin kita mencukur rambutnya saat aqiqah dan menamainya. Tahu-tahu, bayi mungil itu sudah banyak sekali berubah.

Ya, bayi merah itu kini telah bertransisi menjadi batita yang lincah dan ceria.

Banyak Bergerak

Saat ia masih seorang bayi merah yang cukup tenang, kita menunggunya untuk lekas bergerak kesana kemari. Kita ingin segera melihat langkah-langkah kecilnya berlarian di sekitar rumah.

Lihatlah! Hari terasa makin sulit baginya untuk duduk diam. Kita tidak bisa lagi tenang dan santai, karena dalam detik berikutnya si kecil nan lincah itu akan bergerak, berlarian sambil tertawa-tawa dengan mainan di sekitarnya, bahkan menerjang apapun di hadapannya.

Pastikan selalu rumah dalam mode aman. Jauhkan barang-barang yang berpotensi pecah atau melukai, sebisa mungkin dari jangkauannya.

Sisi lainnya, kita tidak perlu lagi capek menggendongnya yang telah semakin besar dan berat. Punggung dan bahu lebih terasa lega sekarang.

Bahasa

Nah, si kecil Anda kini telah mulai banyak mengoceh. Menyenangkan mendengar kata-kata -meski tidak jelas- dari mulutnya dengan suara yang imut. Tak sabar menunggu untuk mendengar kata “mama” atau “papa” darinya, bukan?

Dan, tangisan tak lagi menjadi satu-satunya cara untuk mengkomunikasikan kebutuhannya.

Menurut American Academy of Pediatrics, umumnya bayi mengucapkan kata resmi mereka yang pertama pada usia 1 tahun. Tapi jika si kecil Anda belum, jangan khawatir. Perkembangan bahasa anak dapat dicapai dalam waktu yang cukup panjang.

Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau ahlinya jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah ya?

Makan Sendiri

Anda bisa mulai memberinya potongan-potongan makanan yang cukup besar untuk bisa langsung disantapnya sendiri. Anda juga sudah bisa memberinya makanan yang hampir sama dengan semua orang di rumah, dan ia belajar makan sendiri dengan sendok mungilnya.

Tidak masalah jika Anda masih menjumpai banyak makanan yang tumpah ke lantai, alih-alih masuk ke dalam mulutnya. Ingat, ia baru belajar. Dan kesabaran dibutuhkan dalam proses yang cukup panjang ini.

Menyapih

Tak terasa, 24 bulan hampir berlalu ya? Saatnya menyapih si kecil. Anda bisa menyiapkan diri dan strategi yang pas jauh-jauh hari sebelum Anda benar-benar menyapihnya.

Sounding sangat diperlukan. Selain untuk memberinya pemahaman, Anda juga lebih bisa menenangkan hati bila saatnya tiba.

Jangan ragu untuk bertanya pada dokter, konsultan ahli, atau teman-teman Anda yang lain untuk berbagi pengalaman mereka dalam proses menyapih ya.

Keamanan untuk Ketangkasannya

Si kecil Anda kini tak lagi hanya menghisap jari. Namun ia menjadi lebih lincah dan tangkas dengan bergerak kesana kemari.

Ia akan lebih banyak bermain, dengan segala hal yang ditemukannya. Termasuk makanannya. Tak masalah. Karena waktu makan dan waktu bermain adalah peluang besar untuk mendorong kemampuan bayi Anda untuk terus meningkat.

Ia mungkin juga akan “mengerjai” Anda dengan menjatuhkan dan menarik pakaian yang sudah Anda lipat ke dalam rak bajunya, atau buku-buku yang Anda atur di rak buku Anda. Wow!

Dalam transisi ini, Anda harus lebih serius dalam memperhatikan keamanan rumah Anda untuknya. Karena banyak hal bisa berpotensi membahayakan si kecil. Tapi, itu bukan untuk ditakuti atau merasa was-was. Melainkan, kita yang harus lebih peduli dan tidak membiarkannya bermain sendirian sampai menjangkau benda-benda berbahaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.