BUKU : HOMESCHOOLING KELUARGA KAK SETO

Akhirnya, setelah sekian lama saya menguber-uber beberapa toko buku besar di Jogja, saya temukan juga “buku pamungkas” yang selama ini saya cari. Saya menemukannya secara tidak sengaja pada sebuah stand di pameran buku akhir tahun lalu. Buku itu masuk dalam keranjang SALE, dan sudah tidak bersegel lagi. Hanya ada empat buku yang tersisa, dan semua nyaris tak tampak seperti buku baru. Tapi, saya tetap memilih satu, dan rela mengantri hampir 45 menit di meja kasir stand itu, karena banyaknya pengunjung yang juga memborong buku.

“Buku pamungkas” apakah itu?

Ah ya, “buku pamungkas” yang saya maksud ini adalah sebuah buku yang disusun oleh seorang pakar pendidikan Indonesia, yang sangat akrab dengan masa kecil saya dan mungkin juga Anda. Ya, Kak Seto. Judul buku itu adalah Homeschooling Keluarga Kak Seto. Sudah lama sekali saya mencarinya, sebab saya begitu ingin tahu tentang kehidupan homeschooling dalam keluarga Kak Seto.

Dan ternyata, kesabaran saya mengantri tidak sia-sia. Buku Homeschooling Keluarga Kak Seto yang diterbitkan oleh penerbit Kaifa ini benar-benar mengispirasi dan meneguhkan hati saya untuk memilih homeschooling sebagai jalur pendidikan yang pas untuk putri saya.

Dalam buku yang tidak besar dan tidak juga tebal itu saya menemukan poin-poin penting yang harus diperhatikan bagi orangtua yang ingin mengambil jalur homeschooling seperti saya :

  • Bab 1 : Kak Seto menjabarkan tentang manfaat homeschooling, aturan-aturan dan legalitasnya dari pemerintah, tipe homeschooling (homeschooling tunggal, majemuk, dan komunitas) beserta kelebihan dan kekurangannya.
  • Bab 2 : Kak Seto menyebutkan tokoh-tokoh nasional yang tumbuh dan berkembang lewat homeschooling seperti Ki Hajar Dewantara, Buya Hamka, dan KH Agus Salim.
  • Bab 3 : Kak Seto menjabarkan tentang murah dan mudahnya melaksanakan homechooling. Juga penekanan tentang pentingnya peranan orangtua sebagai guru pertama bagi anak-anaknya.
  • Bab 4 : Kisah tentang homeschooling dalam keluarga Kak Seto.
  • Bab 5 : Kak Seto memberikan rujukan buku-buku yang dapat dijadikan referensi bagi para orangtua yang ingin menjalankan homeschooling untuk anak-anaknya.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami, disajikan dengan ringan dan ringkas, dan sangat khas Indonesia. Bagi Anda yang sedang mempelajari dan mencari informasi tentang homeschooling, buku ini layak untuk Anda baca. Bintang lima untuk Kak Seto!!

UPDATE 12 Maret 2014 : Anda sedang mencari buku Homeschooling Keluarga Kak Seto? Kini Rumah Bunda online shop menyediakannya ! Hanya ada 10 buku. Grab it fast !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *